Berita Surabaya

Perlunya Lansia Mendapatkan Edukasi Nutrisi dan Menu Sehat

kita sudah harus mempersiapkan dan merencanakan berbagai program kesehatan yang ditujukan bagi kelompok lansia," ujar Sulastri Wahyuni, customer relat

Perlunya Lansia Mendapatkan Edukasi Nutrisi dan Menu Sehat
Surya/Neneng Uswatun Hasanah
Edukasi nutrisi untuk lansia oleh KECC Kalbe Farma dan dokter serta ahli gizi di gedung Gita Tamtama, Minggu (15/5/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Warga lanjut usia (Lansia) akan mengalami penurunan derajat kesehatan baik secara alamiah maupun akibat penyakit, ditinjau dari aspek kesehatan.

Kalbe Ethical Customer Care (KECC) PT Kalbe Farma Tbk bekerjasama dengan rumah sakit, mengadakan kegiatan edukasi nutrisi untuk lansia di gedung Gita Tamtama, Minggu (15/5/2016).

Kegiatan yang juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) itu diikuti oleh 464 lansia dari berbagai komunitas dan kader-kader puskesmas serta PKK Surabaya.

"Semakin meningkatnya jumlah penduduk lansia maka sejak sekarang kita sudah harus mempersiapkan dan merencanakan berbagai program kesehatan yang ditujukan bagi kelompok lansia," ujar Sulastri Wahyuni, customer relation executive KECC kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Serangkaian acara yang bertema Usia Tak Jadi Penghalang untuk Berkreasi itu diisi dengan berbagai kegiatan. Antara lain senam pagi, sarapan nutrisi dan menu sehat, talkshow bersama dokter dan ahli gizi, lomba menu sehat, dan penampilan dari para peserta.

Dikatakan Bernadeta Maria Ani, ketua KECC sekaligus pembicara tentang nutrisi pelengkap makanan, para lansia kadangkala sudah malas makan.

"Mereka terhalang dengan gigi yang sudah ompong sehingga sulit makan yang keras, apalagi jika di rumah tidak dipersiapkan makanan khusus untuk mereka. Sehingga mereka jadi malas makan," katanya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Hal tersebut harus diwaspadai karena lansia juga membutuhkan asupan nutrisi yang baik dan cukup. Hari itu, kegiatan lomba membuat menu sehat juga dimaksudkan agar lansia paham mengenai menu dengan gizi seimbang.

"Kami berharap akan terus bisa bekerjasama dengan komunitas dan rumah sakit untuk memberikan edukasi secara berkala pada lansia," harap wanita yang akrab disapa Deta itu kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Talkshow nutrisi seimbang juga diisi oleh Dr Novira Widajanti SpPD KGer, spesialis penyakit dalam, konsultan geriatri RS Siloam Surabaya dan Poerwaningsih SKM MKes, ahli gizi RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved