Surya/

Wisata Kuliner Surabaya

VIDEO - Kopi Ganes Bernuansa Jawa Klasik tapi Sajikan Specialty Coffee

#SURABAYA - Cara penyajiannya tidak seperti kebanyakan tradisi ngopi konvensional: kopi bubuk digiling sejak lama langsung dicampur gula dan air panas

SURYA.co.id | SURABAYA - Kedai Kopi Ganes menambah ramai khazanah tradisi ngopi specialty coffee, bukan sekadar kopi tubruk apalagi kopi instan.

Kedai yang terletak di Jl Keputih Tegal Timur No 166 Surabaya itu mengesankan bernuansa Jawa klasik, mulai dari arsitektur hingga desain interiornya.

Sebagaimana terlihat dalam video di atas, terlihat interior kayu berukir yang lazim disebut gebyok, juga radio kuno sampai patung Ganesha, dewa ilmu pengetahuan dalam mitologi Hindu.

Nama Ganesha pula yang diserap untuk jadi nama Kopi Ganes.

Meski secara keseluruhan terlihat jadul, Kopi Ganes bukan kedai kopi biasa. Mereka menyediakan kopi-kopi bermutu dari Nusantara, mulai kopi jenis Arabika dari dataran tinggi Gayo di Sumatera, Kintamani di Bali sampai kopi Wamena di Papua.

Cara penyajiannya tidak seperti kebanyakan tradisi ngopi konvensional: kopi bubuk digiling sejak lama langsung dicampur gula dan air panas.

Mereka menggiling biji kopi yang sudah disangrai, sesaat sebelum disajikan.  Cara penyajiannya pakai aneka alat.

Paling sederhana pakai French Press yang fungsinya menyaring ampas kopi. Ada pula alat Presso yang prinsip kerjanya memampatkan bubuk kopi bersama air panas hingga keluar sarinya.

Alat saji kopi Presso tanpa tenaga listrik melainkan pakai kekuatan tangan.

Penulis: Fitra Ariestianto
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help