Berita Tulungagung

Baru Pertama Ikuti UNBK Tingkat SMP, Proktor di Tulungagung Bingung Cara Unduh Soal

Salah satu temuan yang menonjol adalah cara mengunduh soal, di mana hampir semua teknisi mengaku masih kebingungan prosedur teknisnya.

Baru Pertama Ikuti UNBK Tingkat SMP, Proktor di Tulungagung Bingung Cara Unduh Soal
surya/habibur rohman
Ilustrasi, siswa mengerjakan soal Matematika pada uji coba UNBK di SMPN 12 Surabaya, Selasa (26/4/2016). 

SURYA.co.id | TULUNGAGUNG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung, mengakui mayoritas panitia ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP di daerah itu masih awam terhadap seluk-beluk dan sistem penyelenggaraan UNBK.

"Ini baru pertama kali diselenggarakan untuk tingkat SMP, jadi wajar jika proktor (pengawas UNBK) dan teknisi masih awam," kata Kabid Pendidikan Dasar Disdik Tulungagung, Jawa Timur Iswanto di Tulungagung, Rabu (27/4/2016).

Mayoritas panitia penyelenggara khususnya tenaga proktor yang bertugas mengawasi UNBK di setiap kelas maupun teknisi di setiap sekolah belum menguasai sepenuhnya tata-cara pelaksanaan UNBK.

Salah satu temuan yang menonjol, menurut Iswanto, adalah cara mengunduh soal, di mana hampir semua teknisi mengaku masih kebingungan prosedur teknisnya.

"Kami instruksikan kepada seluruh proktor dan teknisi untuk mempelajari tata laksana penyelenggaraan UNBK tingkat SMA/SMK, beberapa waktu lalu," ujarnya.

Data Disdik Tulungagung menyebutkan dari 76 lembaga SMP Negeri dan swasta yang melaksanakan ujian nasional mulai Senin (9/5/2016), empat SMP dan satu MTsN, bakal melaksanakan UNBK.

Disdik Tulungagung saat ini terus memantau sekolah pelaksana ujian nasional (UN), baik dengan sistem daring (online) atau UNBK maupun tes berbasis kertas atau paper based test (PBT).

"Kami terus meninjau kesiapan masing-masing sekolah dan sejauh ini tidak ada kendala," ujarnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved