Surya/

Lebaran 2016

Asyik, PT KAI Layani Angkut Motor Gratis, Begini Syarat dan Cara Pendaftarannya

#SURABAYA - "Kereta api angkutan motor gratis dari Daop 8 Surabaya ini akan dioperasikan selama 7 hari operasi,

Asyik, PT KAI Layani Angkut Motor Gratis, Begini Syarat dan Cara Pendaftarannya
surya/mujib anwar
ARSIP - Gubernur Jatim Soekarwo saat memberangkatkan rombongan mudik gratis dengan angkutan kereta api di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Jumat (25/7/2014) silam. 

SURYA.co.id l SURABAYA - PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya membuka pendaftaran angkutan motor secara gratis untuk Lebaran 2016.

Pendaftar bisa datang ke kantor jasa ekspedisi PT Lintas Nusantara Persada (PT LNP), Kompleks Pergudangan Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Babat, Jawa Timur.

"Pendaftaran angkutan motor gratis Lebaran 2016 ini sudah bisa dilakukan masyarakat mulai Kamis (21/4/2016) dan kami batasi hingga 8 hari sebelum keberangkatan 10-16 Juli 2016," ucap Manager Humas Daop 8 Surabaya Suprapto, di Surabaya, Jumat (22/4/2016).

Suprapto menambahkan, masyarakat yang ingin mendaftar harus membawa kartu identitas berupa KTP, SIM dan STNK asli yang masih berlaku.

Selain itu juga wajib menunjukan tiket balik menggunakan kereta api, bus atau dengan ketentuan maksimal tiga orang dalam satu keluarga.

Untuk persyaratannya, PT KAI Daop 8 Surabaya juga akan mendata bagi para calon sopir angkutan motor gratis ini.

Persyaratannya, nama pengirim harus sama dengan nama pemilik sepeda motor yang tertera di tiket balik yang sesuai dengan STNK, kemudian dilakukan penyerahan sepeda motor untuk proses pengepakan dan pengangkutan ke dalam gerbong kereta begasi yang akan dilakukan PT KAI Daop 8 Surabaya pada H-1 atau 1 hari sebelum pemberangkatan.

"Kereta api angkutan motor gratis dari Daop 8 Surabaya ini akan dioperasikan selama 7 hari operasi, yakni mulai tanggal 10 sampai 16 Juli 2016, dengan menggunakan 1 rangkaian KA barang yang membawa 7 gerbong bagasi, dengan kapasitas 1 gerbong mengangkut 58 motor," katanya.

Suprapto menjelaskan, jadwal tujuan pemberhentian angkutan motor gratis antara lain Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Babat, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Cepu, Stasiun Ngrombo, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jakarta Gudang.

Suprapto mengatakan, penyelenggaraan angkutan motor gratis ini dilakukan dengan bekerja sama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, tujuannya mengurangi kepadatan dan tingkat kecelakaan di jalan raya yang disebabkan sepeda motor, khususnya saat Lebaran.

"Kegiatan angkutan gratis ini dilakukan setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan hal yang sama pada masa angkutan Lebaran 2014 dan 2015 lalu. Sementara untuk Daop 8 Surabaya, ini adalah untuk pertama kalinya melayani hal itu," katanya.

Suprapto berharap, dengan upaya pengangkutan gratis motor menggunakan kereta api ini dapat menekan kecelakaan di jalan raya pada saat Lebaran.

Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menetapkan masa angkutan lebaran pada 2016 untuk angkutan kereta api dimulai pada tanggal 24 Juni sampai 17 Juli 2016.

Penulis: Ahmad Zaimul Haq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help