Event Surabaya

Mengenang Kejayaan Kirim Surat Pakai Kertas di Surabaya, Ini Agendanya

#SURABAYA - Seperti beberapa koleksi surat dari Surabaya ke Batavia sebelum menggunakan perangko tahun 1864, surat dinas (1901), surat niaga (1937).

Mengenang Kejayaan Kirim Surat Pakai Kertas di Surabaya, Ini Agendanya
monica felicitas
Surat dari Masa ke Masa - Pengunjung House of Sampoerna (HOS) Surabaya memotret temannya pada media berbentuk amplop besar untuk mengenang masa kejaan surat menyurat. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mulai 29 Maret hingga 28 April 2016, House Of Sampoerna (HOS) Surabaya akan mengajak pengunjung untuk kembali ke masa surat menyurat masih dilakukan di atas selembar kertas.

Bekerjasama dengan Filatelis Surabaya, segala aspek HOS baik dari museum, Surabaya Heritage Track (SHT), maupun program baru yang dibuat bertajuk Klinong-Klinong Nang Suroboyo akan mengulas sejarah maupun perkembangan surat menyurat dari tahun ke tahun.

Mela (23), misalnya, terlihat asyik mengamati sepeda yang dulunya merupakan sarana transportasi pengantar surat. Sepeda itu terpasang di depan pintu masuk kedatangan HOS, lengkap dengan cerita sejarah surat terpasang menarik di sisi sebelah timur.

"Sangat menarik, saat ini kita sudah lupa cara surat menyurat karena kecanggihan teknologi, apalagi sekarang lebih dipermudah dengan adanya video call. Cara ini bagus untuk memperkenalkan pada anak-anak," ujar mahasiswa salah satu universitas negeri ini.

Pada bagian museum HOS, sebanyak 20 koleksi surat dan benda-benda pos milik Kantor Pos Surabaya, dan perkumpulan Filatelis Indonesia, Jawa Timur akan ditampilkan mewakili setiap masanya.

Seperti beberapa koleksi surat dari Surabaya ke Batavia sebelum menggunakan perangko tahun 1864, surat dinas (1901), surat niaga (1937), bahkan terdapat surat cinta (1995) dan masih banyak kartu pos pos, dan surat zaman kolonial Belanda dan Jepang.

Untuk Surabaya Heritage Track (SHT) akan menelusuri jejak pos di Surabaya, nantinya bis merah milik HOS ini akan mengantarkan wisatawan ke pemberhentian Kantor Pos Simpang dan Kantor Pos Kebonrojo, yang dijadwalkan tur Selasa sampai Kamis hingga 28 April 2016 pukul 15.00 hingga 16.30 WIB.

Khusus untuk mengenang sejarah pos, terdapat program baru bertajuk Klinong Klinong Nang Suroboyo, yaitu eksplorasi jejak pos di Surabaya.

Caranya, napak tilas jalan kaki ke kantor-kantor pos dipandu pemandu wisata  mulai Taman Jayengrono, eks Kantor Pos dan Telegraf Jalan Bibis, dan Kantor Pos Kebonrojo, Minggu, 17 dan 24 April 2016.

Penulis: Monica Felicitas
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved