Surya/

Kesehatan

Hemoglobin Darah Anda Terlalu Rendah? Dokter Ini Punya Solusinya

#Surabaya - Apakah Anda merasa hemoglobin darah terlalu rendah? Jika ya, maka dokter ini punya cara untuk meningkatkannya.

Hemoglobin Darah Anda Terlalu Rendah? Dokter Ini Punya Solusinya
SURYA.co.id/Neneng Uswatun Hasanah
Suasana Donor Darah di Himalaya Poltekkes Surabaya, Senin (14/3/20160 

SURYA.co.id I SURABAYA - Apakah Anda merasa hemoglobin darah terlalu rendah? Jika ya, maka dokter ini punya cara untuk meningkatkannya.

Dokter tersebut adalah Donna Patty, petugas PMI Kota Surabaya.

Saat ditemui di acara donor darah di Himalaya Poltekkes Surabaya, Senin (14/3/2016) siang, Donna memberi saran agar masyarakat memakan kismis untuk meningkatkan hemoglobin darah.

"Kismis itu zat besinya sangat tinggi, selain itu juga bagus untuk mengatasi asam di tubuh," ungkapnya.

Jika kesulitan menemukan kismis, kata Donna masih banyak alternatif lain. Salah satunya dengan makan sayur dan buah, istirahat cukup, makan makanan berprotein tinggi, dan bisa juga dengan minum vitamin penambah darah.

Nah, hemoglobin yang baik untuk donor darah antara 12,5-17,9. "Jika di atas itu, kami sarankan minum air putih yang banyak," saran Donna.

Manfaat donor darah, dikatakan wanita asal Surabaya itu antara lain adalah mencegah penyakit kanker, jantung,dan stroke.

"Baiknya 3-7 hari sebelum donor darah agar lebih optimal untuk yang hemoglobinnya rendah," ujar lulusan Universitas Wijaya Kusuma itu.

Ketua Panitia acara donor darah yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya (Himalaya), Nadia Farah Fadilah menambahkan hemoglobin yang rendah sering dijumpai dalam kegiatannya.

"Peminat selalu banyak, tapi sedikit yang bisa donor karena hemoglobinnya rendah," katanya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help