Berita Lumajang

Hujan Deras di Puncak Gunung Semeru, 6 Kecamatan Diminta Waspada Aliran Lahar Dingin

Enam kecamatan dilalui aliran lahar dingin Semeru yakni Kecamatan Tempursari, Pasrujambe, Candipuro, Tempeh, Pasirian dan Pronojiwo

Hujan Deras di Puncak Gunung Semeru, 6 Kecamatan Diminta Waspada Aliran Lahar Dingin
surya/ist
Puncak Gunung Semeru saat mengeluarkan abu vulkanik, Sabtu (13/2/2016) lalu. 

SURYA.co.id | LUMAJANG – Debit air di daerah aliran sungai lahar dingin Gunung Semeru selama beberapa hari terakhir meningkat.

Meski debit air tinggi, menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Hendro Wahyono, masih dalam kategori aman dan jauh dari permukiman warga di lereng Gunung Semeru.

Namun masyarakat tetap diminta waspada terhadap ancaman bahaya banjir lahar dingin Semeru.

"Debit aliran lahar dingin memang meningkat selama beberapa hari terakhir karena curah hujan cukup deras di puncak dan lereng Gunung Semeru," tuturnya, Rabu (2/3/2016).

Menurutnya, tingginya intesitas hujan yang mengguyur puncak hingga lereng gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut itu juga terekam di Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur.

"Ketinggian air di daerah aliran sungai (DAS) yang dilalui lahar dingin Semeru mencapai 1 meter, sehingga masyarakat yang melakukan penambangan pasir harus meningkatkan kewaspadaan tinggi," tuturnya.

Ia menjelaskan, meningkatnya debit lahar dingin membahayakan bagi masyarakat yang beraktivitas di sepanjang DAS Semeru, terutama di DAS Kaliglidik, Kalirejali dan Kalimujur, terutama bagi penambang pasir.

"Beberapa rambu peringatan untuk waspada banjir lahar dingin Semeru sudah terpasang di sejumlah titik, namun hal tersebut kadang-kadang diabaikan para penambang pasir," katanya.

Curah hujan yang cukup tinggi di puncak Semeru dapat menyebabkan peningkatan debit aliran lahar dingin yang mengalir sepanjang DAS yang dilalui, bahkan bisa menyebabkan banjir dan membawa material berupa bongkahan batu dari puncak Semeru.

"Enam kecamatan yang dilalui aliran lahar dingin Semeru yakni Kecamatan Tempursari, Pasrujambe, Candipuro, Tempeh, Pasirian dan Pronojiwo," katanya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help