Terminal Purabaya

Dua Tahun lagi, Lahan Pemkab Sidoarjo Seluas 6 Hektar di Terminal Purabaya Jadi Kawasan Tematik

#Sidoarjo - SIdoarjo akan memaksimalkan lahan seluas 6 hektar di sekitar terminal.

Dua Tahun lagi, Lahan Pemkab Sidoarjo Seluas 6 Hektar di Terminal Purabaya Jadi Kawasan Tematik
surya/nuraini faiq
Petugas berjaga di lantai satu Terminal Purabaya, Senin (21/12/2015). 

SURYA.co.id I SIDOARJO - Terminal Purabaya memiliki potensi lain, selain menjadi pusat mobilisasi angkutan utama di Jatim.

Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo, Wisnu Pradono, menyatakan Sidoarjo memiliki lahan luas 6 hektar di sekitar terminal yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan terminal.

Wisnu mengatakan kekurangan utama Terminal Purabaya adalah kurangnya sarana parkir kendaraan bagi pengunjung.

Adanya lahan ini, lanjutnya, bisa menjadi potensi pengembangan lahan parkir yang bisa mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Bisa dibilang kami tak mendapatkan apa-apa dari pengelolaan terminal yang saat ini dipegang Pemkot Surabaya. Tapi adanya lahan itu bisa menjadi potensi pemasukan PAD Sidoarjo," kata Wisnu kepada Surya, Senin (1/3/3016).

Tak hanya lahan parkir, Wisnu menerangkan lahan seluas itu juga bisa dijadikan pusat perbelanjaan atau penginapan. Bahkan, Pemkab bisa membangun kawasan tematik di sekitar Bungurasih.

"Mungkin bisa dibangun Kawasan Terpadu Bungurasih (KTB), yang isinya ada mal, penginapan, lahan parkir, taman-taman, atau lainnya. Pastinya akan jadi potensi ekonomi di Sidoarjo, tak hanya dari segi PAD tapi juga kesempatan lapangan kerja," paparnya.

Kendati demikian, rencana tersebut harus menunggu dua tahun lagi. Kabag Kerjasama Pemkab Sidoarjo, Ari Suryono, menambahkan status lahan tersebut masih disewa pihak swasta hingga 2018.

"Setelah kontrak selesai, kami memang punya rencana untuk mengembangkan lahan tersebut. Tapi masih sebatas wacana, kami belum memiliki perencanaannya," tandas Ari.

Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved