Citizen Reporter

Ketika Cokelat Memikat Tempe, Kado Spesial di Hari Spesial

apa yang terjadi ketika manis legitnya cokelat memikat gurihnya tempe? jadilah cokelat tempe, penganan rasa unik asli dari bumi Arema, Malang...

Ketika Cokelat Memikat Tempe, Kado Spesial di Hari Spesial
istimewa
cokelat tempe 

 

Reportase : Siti Nur Zumrotun Niswah
Mahasiswi Jurusan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Malang
zumrotun.niswah@yahoo.co.id

JIKA biasanya cokelat dipadukan dengan almond, mete, ataupun rice crispy, kali ini cokelat dikemas dengan campuran berbeda, bahkan bisa dikatakan nyeleneh. Cokelat tempe, mungkin bagi sebagian orang terasa aneh. Bagaimana bisa cokelat dipadukan dengan tempe?

Keanehan itulah yang sengaja dihadirkan Yoga Surya Pratama, pemilik rumah usaha Chocolate Dekonco di kawasan Jalan Soekarno-Hatta Kav 83B, Malang ini. Nama Chocolate Dekonco itu sendiri berasal dari kata chocolate, berarti cokelat, dan dekonco atau teman. Ini dimaksudkan agar cokelat produksi Yoga ini bisa menjadi teman dalam situasi apapun.

Sementara tempe merupakan makanan khas nusantara yang sudah mendunia. Tempe kaya gizi dan manfaat, rasanya pun tak kalah lezat. Begitu pula dengan cokelat yang memiliki beragam manfaat. Cokelat disukai semua kalangan usia, dari anak-anak hingga orang tua.

Dari sini Yoga termotivasi menggunakan tempe sebagai campuran mengolah cokelat. Melalui cokelat tempe olahannya, Yoga ingin berwirausaha sekaligus juga melestarikan tempe yang menjadi makanan warisan leluhur.

Memulai usahanya sejak tahun 2011 silam, saat masih duduk di bangku sekolah dan berkembang hingga saat ini. Berkat kreativitasnya, Yoga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang di sekitarnya. Bahkan di usianya yang baru 22 tahun ini, Yoga dapat dikatakan sebagai pemuda yang sudah meraup sukses. Buktinya, cokelat tempe kreasinya sudah dipesan di seantero negeri.

Rasa cokelat tempe, tak diragukan lagi. Saat dimakan, rasa cokelat yang legit akan beradu dengan gurih dan renyahnya tempe khas Malang. Benar-benar paduan rasa yang unik dan patut dicoba.

Chocolate Dekonco menawarkan beberapa varian rasa dari cokelat tempe ini, di antaranya milk chocolate tempe, apple chocolate tempe, strawberry chocolate tempe, white chocolate tempe, dan dark spicy choco (cokelat pedas). Cukup merogoh kocek mulai dari 8.000 rupiah saja, cokelat tempe yang sehat dan unik ini bisa diberikan kepada orang-orang tersayang di hari kasih sayang atau valentine.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved