Citizen Reporter

AUYS 2016 Muda dan Menyengat, dari Sumbawa ke Filipina

mereka muda dan menyengat, ide mereka di ajang AUYS 2016 akan dibuktikan kelanjutan di AUYS 2017 Filipina...

AUYS 2016 Muda dan Menyengat, dari Sumbawa ke Filipina
auys2016
Ajang AUYS 2016 Sumbawa 

Reportase : Siti Sahronih
Mahasiswa Universitas Negeri Jember/Komunitas GenBI Jawa Timur

“Sabalong Samalewa”

MOTTO dari daerah Kabupaten Sumbawa tersebut seolah sangat melekat di hati para mahasiswa terdidik dari seluruh pelosok ASEAN. Sumbawa mengucapkan selamat datang! Begitu kiranya sambutan yang terdengar di malam pesta pembukaan dalam serangakaian acara AUYS 2016.

AUYS merupakan singkatan dari ASEAN University Youth Summit, yaitu program pertemuan mahasiswa se-ASEAN sebagai sarana diskusi dalam mengintegrasikan pemikiran masyarakat Asia Tenggara menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Acara ini diselenggarakan pada tanggal 24-28 Januari 2016 silam di Sumbawa dan mengundang beberapa delegasi dari berbagai kampus di wilayah ASEAN. Tidak mau ketinggalan, Bank Indonesia (BI) sebagai salah satu sponsor dalam acara ini juga mengundang beberapa perwakilan mahasiswa berprestasi yang telah menerima beasiswa BI dari berbagai provinsi di Indonesia.

Kali ini, tema yang diusung adalah Social Entrepreneurship as a main character of future ASEAN generation. Melalui tema tersebut, diharapkan semangat jiwa muda pada diri mahasiswa sebagai agen perubahan dapat membangun wilayah ASEAN dengan berwirausaha sosial. Sebab tujuan dari social entrepreneurship yang sebenarnya adalah untuk hidup yang lebih mulia dan sejahtera, begitulah yang disampaikan H. Wira Pradana, ST (Direktur Utama PT Global Media Nusantara) sebagai salah satu pembicara dalam acara AUYS 2016.

Sangat sesuai dengan daerah Sumbawa yang didaulat sebagai lokasi AUYS 2016. Banyak yang belum mengenal Sumbawa, padahal potensi di sana penuh harapan untuk dikembangkan. Tak heran, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) sebagai kampus yang baru berdiri tiga tahun memiliki segudang prestasi internasional. Itulah alasan tour budaya di UTS masuk ke dalam salah satu agenda pada serangkaian acara AUYS kedua pada tahun 2016 ini.

Malam terakhir pada acara ini adalah pertunjukan budaya. Seluruh peserta diwajibkan mengenakan pakaian adat masing-masing daerah dan dari negara setiap peserta. Pun pertunjukan budaya dari setiap negara. Di akhir acara, penyerahan bendera AUYS sebagai simbol untuk penentuan tuan rumah AUYS 2017 tahun depan jatuh kepada Negara Filipina.

Esok harinya, para undangan juga disuguhkan dengan wisata alam yang ada di Lombok. Pantai Senggigi dengan suasana yang damai di pagi hari siap menyambut peserta AUYS 2016 pada hari terakhir sebelum seluruh peserta berpisah dan kembali ke negaranya masing-masing.

Jayalah Asia Tenggara, pemuda-pemudi ASEAN siap menyongsong MEA!

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help