Berita Kota Batu

Semua KTP Berlaku Seumur Hidup, Kecuali Ada Beberapa Hal Berikut Ini

@potalSURYA - KTP yang kini dipegang oleh warga dan umumnya memiliki masa berlaku hingga tahun 2017 bukan lagi menjadi acuan.

Semua KTP Berlaku Seumur Hidup, Kecuali Ada Beberapa Hal Berikut Ini
amru muiz
Ruang arsip Dispendukcapil Kota Batu menyimpan rapi data kependudukan warga di kantor baru Block Office. 

SURYA.co.id | BATU - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu memastikan semua Kartu Tanda Penduduk (KTP) berlaku seumur hidup. Dengan demikian masa berlaku yang tercantum dalam KTP tidak berlaku dan diabaikan.

Kepala Dispendukcapil Kota Batu, Maulidiono mengatakan, pihaknya telah menerima surat edaran terkait masa berlaku KTP seumur hidup pada tanggal 26 Januari 2016 dari Kementerian Dalam Negeri.

Keputusan Mendagri itupun telah diteruskan dengan mengirim surat ke instansi terkait, kepolisian, imigrasi, dan sebagainya. Diharapkan, masa berlaku KTP tidak lagi dipersoalkan dan mempersulit layanan pada warga pemilik KTP tersebut.

"Sebetulnya ketentuan KTP seumur hidup itu sudah lama, namun baru bulan lalu ada penegasan oleh Kemendagri dan baru disebarluaskan sekarang ini," kata Maulidiono, Senin (8/2/2016).

Dijelaskan Maulidiono, dengan adanya ketetapan tersebut maka KTP yang kini dipegang oleh warga dan umumnya memiliki masa berlaku hingga tahun 2017 bukan lagi menjadi acuan.

KTP tersebut akan terus berlaku sampai pemilik meninggal dunia.

KTP tidak perlu dilakukan perbaikan bila kondisinya masih baik. Kecuali KTP tersebut hilang, rusak, mengalami perubahan data status kawin atau belum kawin atau janda atau duda, dan alamat rumah pindah.

Dispendukcapil sendiri, ungkap Maulidiono, juga tidak akan mengeluarkan KTP baru bagi pemohon bila tidak masuk dalam ketentuan perbaikan yang dimaksud.

Memang, diakui Maulidiono, pencantuman masa berlaku KTP tersebut sebenarnya merupakan kesalahan sejak awal.

Material KTP yang ada terlanjur ada masa berlaku. Karena seharusnya, dengan masa berlaku KTP seumur hidup maka tidak perlu lagi ada pencantuman masa berlakunya.

"Tapi kesalahan itu bukan menjadi persoalan serius, karena dengan aturan baru dari Mendagri maka semua KTP yang diterbitkan Dispendukcapil masa berlakunya seumur hidup semua," ucap Maulidiono.

Sementara itu, tambah Maulidiono, hingga kini pelayanan KTP Elektronik di Dispendukcapil Pemkot Batu tetap berjalan normal. Meskipun sekarang ini sedang dilakukan perpindahan kantor secara bertahap ke Block Office Pemkot Batu.

Karena layanan KTP, Akta Kelahiran, KK, dan sebagainya tetap ada di kantor layanan lama di jalan Sultan Agung Kota Batu.

"Kami masih belum bisa memindahkan server ke kantor Block Office karena terkendala ketersediaan listrik, maka sementara layanan KTP dan lainya tetap dikantor lama, meski sudah banyak fasilitas pendukung yang kami pindahkan," tutur Maulidiono. 

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved