Berita Tulungagung

Hujan Lebat Buat Tebing Jalan Jalur Lintas Selatan Tulungagung Longsor

Hujan lebat yang mengguyur jalan di Jalur Lintas Selatan (JLS) di Desa/Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung longsor pada Minggu (7/2/2016) pagi.

Hujan Lebat Buat Tebing Jalan Jalur Lintas Selatan Tulungagung Longsor
SURYA.co.id/Didik Mashudi
Eskavator - Alat berat mengeruk longsoran tanah jalur lintas selatan di Desa/Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung longsor, Minggu (7/2/2016). 

SURYA.co.id I SURABAYA - Hujan lebat yang mengguyur jalan di Jalur Lintas Selatan (JLS) di Desa/Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung longsor pada Minggu (7/2/2016) pagi.

Longsoran tanah tebing ini sempat menutup separuh badan jalan sampai dengan malam ini.

Untuk membersihkan bekas longsoran dikerahkan alat berat eskavator. Sejumlah dump truk juga dikerahkan untuk memindahkan longsoran tanah yang berada di kawasan rawan karena tingkat kemiringan bukit yang curam.

Selain itu, tebing di atasnya juga tidak ada tanaman keras penahan longsor.

Lahan kawasan rawan ini merupakan tanah negara yang dikelola Perhutani. Namun lahannya tidak ditanami tanaman pepohonan tapi berupa tanaman polowijo.

"Saat longsor sempat menutup separuh badan jalan. Namun jalan masih dapat dilewati dengan bergantian kendaraan dari arah timur dan barat," ungkap Takim (50), petugas pengatur lalulintas di lokasi longsor kepada Surya.

Tanah bekas longsoran diangkut dengan truk untuk menimbun lokasi jalan JLS yang masih ambles. "Lokasi tebingnya memang kawasan rawan longsor," tambahnya.

Jalan lintas selatan di wilayah Kecamatan Besuki pembangunannya sudah hampir masuk ke perbatasan Kabupaten Trenggalek. Setiap hari libur kawasan JLS dipenuhi masyarakat yang ingin berlibur.

Malahan dari lokasi yang ada di Dusun Bayem malahan dapat menyaksikan pemandangan kawasan pantai selatan serta cerobong Terowongan Niyama.

Banyaknya pengunjung juga menumbuhkan denyut ekonomi masyarakat. Warga dari desa sekitar malahan sudah banyak yang membuat warung tenda.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved