Surya/

Terminal Purabaya

Saat Libur Imlek, Mulai Ujicoba e-Ticket Bus Jarak Jauh

#SURABAYA - Bus untuk jurusan jarak jauh atau antarkota antaprovinsi (AKAP) tidak lagi menggunakan tiket konvensional.

Saat Libur Imlek, Mulai Ujicoba e-Ticket Bus Jarak Jauh
zainuddin
Para calon penumpang bus AKDP menunggu kedatangan bus di Terminal Purabaya, Surabaya, Rabu (15/7/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Long weekend saat libur Imlek besok akan diujicobakan diberlakukannya e-ticket atau tiket elektronik untuk moda transportasi bus.

Setidaknya bus untuk jurusan jarak jauh atau antarkota antaprovinsi (AKAP) tidak lagi menggunakan tiket konvensional. Namun sudah bisa menggunakan e-ticket.

"Belum sampai mengharuskan. Namun diharapkan sudah bisa diujicobakan untuk penerapan e-ticket bagi bus jarak jauh saat libur Imlek besok," kata Plt Kepala Dishub Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat, Kamis (4/2/2016).

Apalagi sejumlah PO saat ini juga sudah menyatakan kesanggupan mereka. Sementara Dishub akan menyediakan ruang khusus untuk semacam boarding di Terminal Purabaya di Bungurasih. Akan ada petugas khusus yang khusus melayani e-ticket ini.

"Kan sekarang Terminal Purabaya sudah bagus. Memang lantai dua belum bisa dimanfaatkan. Rencananya di depan Pos Informasi lantai satu akan ada ruang khusus pelayaan e-ticket di terminal," tambah Irvan.

Namun belum bisa dilayani saat liburan Imlek nanti. Irvan menargetkan pemberlakuan e-ticket bus itu berjalan pada masa mudik Lebaran tahun ini.

Semua Perusahaan Ottobus mau tak mau harus mengikuti aturan ini. Meski demikian bagi PO yang sudah siap tak perlu menunggu mudik Lebaran.

Apalagi sejumlah PO ada beberapa yang sudah siap. Di antaranya, Kramat Djati, Lorena-Karina, Pahala Kencana, Bandung Ekpres, dan PO-PO mapan lainnya.

Bahkan setidaknya 9 PO itu sudah dipanggil Dishub Kota Surabaya untuk khusus menyambut diterapkannya e-ticket.

Ada beberapa PO saat liburan Imlek besok sudah menggunakan sisteme e-ticket. Tak perlu ke tengah kota untuk sekadar pesan atau beli tiket.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help