Surya/

Kesehatan

Kasihan, Balita Cantik Ini Kena Penyakit Aneh, Dia Harus Dilaser Enam Minggu Sekali

Jika tidak dikontrol, bintik-bintik ungu itu bisa menyebar ke mulut, gigi, organ internal dan bahkan otaknya.

Kasihan, Balita Cantik Ini Kena Penyakit Aneh, Dia Harus Dilaser Enam Minggu Sekali
The Daily Mail
Gadis berusia lima tahun bernama Matilda Callaghan ini sedang berjuang melawan kondisi aneh yang menyebabkan bintik-bintik polkadot berwarna unggu di seluruh wajahnya. 

SURYA.CO.UD - Gadis berusia lima tahun bernama Matilda Callaghan ini sedang berjuang melawan kondisi aneh yang menyebabkan bintik-bintik polkadot berwarna unggu di seluruh wajahnya.

Dikutip dari dailymail.co.uk pada Selasa (2/2/2016) berdasarkan pemeriksaan dokter, Matilda Callaghan, menderita Sturge Weber Syndrome (SWS) atau kelainan neurologis dan kulit langka yang menyebabkan bintik-bintik ungu menutupi wajahnya serta sisi kanan tubuhnya.

Jika tidak dikontrol, bintik-bintik ungu itu bisa menyebar ke mulut, gigi, organ internal dan bahkan otaknya.

Dan tanpa pengobatan, bintik-bintik bisa menjadi berubah menjadi gelembung, benjolan dan menyebabkan kerusakan syaraf internal yang serius.

Akibatnya, Matilda harus menjalani perawatan menggunakan laser khusus setiap enam minggu sekali di rumah sakit anak, Alder Hey Hospital.

Bersamaan SWS, Matilda juga menderita glaukoma (yang dapat menyebabkan kebutaan), epilepsi, jantung dan pencernaan masalah.

Ia juga lahir dengan dua lubang di hatinya, kantong di tenggorokannya dan telah menjalani lebih dari 30 kali operasi.

Dia hanya bisa berkata 'mummy' dan 'daddy', 'ya' dan 'tidak,' dan berkomunikasi dengan gerakan seperti menunjuk ke dagu untuk menunjukan dia ingin minum.

Kelumpuhan dan kejang yang disebabkan oleh SWS telah membatasi mobilitas gerak tubuhnya. Hingga menyebabkan dia tidak bisa berjalan.

Halaman
12
Editor: Rahadian Bagus Priambodo
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help