Properti

Harga Rumah Naik 25 Persen Tiap Tahun, Kelas Rp 500 Jutaan Tetap Laris

Pembelinya mayoritas warga Surabaya. Dan tahun ini kami melihat potensinya juga cukup. Kami menargetkan bisa menjual 320 unit dengan nilai di atas Rp

Harga Rumah Naik 25 Persen Tiap Tahun, Kelas Rp 500 Jutaan Tetap Laris
surya/sugiharo
ILUSTRASI - Apartemen Edu City, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Harga properti di Surabaya terus mengalami peningkatan. Setiap tahun, harga tanah maupun bangunan rata-rata naik sekitar 20-25 persen.

Kendati demikian, landed home atau hunian konvensional tetap lebih diminati ketimbang vertical home maupun apartemen.

“Apartemen memang tumbuh pesat, tapi masyarakat masih memilih landed home untuk hunian utamanya. Tapi karena di pusat kota harganya sudah sangat mahal, belakangan hunian di daerah sekitar juga semakin laris. Yang penting, transportasinya bagus dan konsep huniannya juga nyaman,” kata General Manager PT Ciputra Delta, Hartono Winarko, Kamis (28/1/2016).

Buktinya, sepanjang tahun 2015 kemarin perumahan Citra Harmoni yang berada di Trosobo laku hingga 300 unit.

Dari tiga tipe dengan harga Rp 500 jutaan sampai Rp 900 jutaan, yang habis terjual malah tipe medium dan tipe tertinggi.

Dari jualannya sepanjang 2015, Ciputra Delta sebagai pengembang berhasil membukukan pendapatan sekitar Rp 188 miliar.

“Pembelinya mayoritas warga Surabaya. Dan tahun ini kami melihat potensinya juga cukup. Kami menargetkan bisa menjual 320 unit dengan nilai di atas Rp 210 miliar,” ungkapnya.

Terpisah, ketua Real Estate Indonesia (REI) Jawa Timur, Totok Lucida, menyampaikan bahwa proyek apartemen memang lebih banyak ketimbang landed home di Surabaya.

Penyebabnya jelas, karena lahan di Kota Pahlawan memang semakin terbatas.

Landed home di Surabaya masih memungkinan. Ada beberapa lahan yang bisa dimanfaatkan, tapi memang tidak terlalu luas,” kata Totok.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved