Berita Kota Batu

Kota Batu Kekurangan Guru Kelas PNS, Ini Yang Mestinya Dilakukan Pemkot

@portalSURYA - Ada sekitar 30 persen Kasek mulai TK hingga SMA/SMK yang masa jabatanya melebihi ketentuan maksimal selama dua periode.

Kota Batu Kekurangan Guru Kelas PNS, Ini Yang Mestinya Dilakukan Pemkot
ahmad amru muiz
Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, memenuhi permintaan tanda tangan para murid SD yang datang ke Block Office Pemkot Batu, Rabu (27/1/2016). 

SURYA.co.id | BATU - Belum adanya pemerataan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadikan banyak sekolah dasar di Kota Batu mengalami krisis tenaga guru.

Pasalnya, bila kondisi tersebut terus berlanjut dikhawatirkan akan menurunkan kualitas pendidikan di Kota Batu.

Goverment and Management Specialis USAID, Mikail Adri Budi Sulistyo mengatakan, seharusnya memasuki tahun 2016 ini pemerataan guru kelas dari PNS sudah dilakukan Pemkot Batu.

Terlebih lagi, Wali Kota Batu sudah menerbitkan Perwali nomor 57 tahun 2015 tentang tugas tambahan Kepala Sekolah yang didalamnya mengatur tentang pemerataan tenaga guru.

"Rasanya kalau sudah ada aturan dasarnya berupa Perwali seharusnya pemerataan tenaga guru PNS sudah dilakukan sekarang ini," kata Mikail, Rabu (27/1/2016).

Dijelaskan Mikail, berdasarkan evaluasi dan penelitian yang dilakukan USAID terhadap kondisi tenaga guru SD dari PNSdi Kota Batu masih banyak kekurangan.

Hanya, kekurangan tersebut saat ini bisa tertutupi oleh tenaga guru honorer daerah atau tenaga guru kontrak.

Akan tetapi, keberadaan tenaga guru kontrak di kelas SD tersebut kurang maksimal bila dibanding dengan guru kelas PNS.

Ini dikarenakan guru honorer atau guru kontrak lebih cenderung menyesuaikan dengan nilai pendapatan yang diterima sehingga cukup berat bila harus dipaksa untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Lain halnya bila guru kelas dari PNS maka akan bisa dinaikkan kualitas pendidikanya dengan mudah karena gaji besar yang diterima guru PNS cukup besar.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help