Berita Jawa Timur

DPRD Kediri Soroti Ketimpangan Anggaran Kendaraan Dinas Dengan Dana Kesehatan

Nasdem Kediri soroti anggaran pengadaan kendaraan dinas yang mencapai Rp 7,7 miliar.

DPRD Kediri Soroti Ketimpangan Anggaran Kendaraan Dinas Dengan Dana Kesehatan
surya/didik mashudi
Rapat paripurna pengambilan sumpah pimpinan DPRD Kabupaten Kediri, Selasa (30/9/2014). 

SURYA.co.id I KEDIRI - Fraksi Partai Nasdem DPRD Kabupaten Kediri menyoroti anggaran belanja pengadaan kendaraan dinas pada APBD 2016. Besaran belanja kendaraan yang mencapai Rp 7,7 miliar.

"Sejak awal kami menyoroti belanja kendaraan dinas yang mencapai Rp 7,7 miliar. Angka ini menjadi timpang dengan anggaran untuk kesehatan yang masih minim," ungkap Antok Prapunka Jaya, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Kediri kepada wartawan, Minggu (10/1/2016).

Dijelaskan, anggaran pengadaan kendaraan dinas ini ada pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Belanja kendaraan dinas ini bertolak belakang dengan anggaran bidang kesehatan.

"Anggaran untuk bidang kesehatan masih sangat kurang dari ketentuan. Sehingga anggaran pengadaan kendaraan dinas dapat dialihkan untuk anggaran bidang kesehatan," jelasnya.

Diungkapkan, anggaran untuk kesehatan dialokasikan sebesar Rp 265.323.434.456 atau 9,18 persen dari total belanja APBD diluar gaji. sehingga anggaran untuk kesehatan belum memenuhi 10 persen dari total belanja APBD sesuai amanat pasal 171 ayat 2 UU No 36/2009 tentang Kesehatan.

Antok juga mengungkapkan adanya revisi dari Gubernur Jatim terkait pengadaan kendaraan dinas. Dalam revisinya juga disarankan anggaran pengadaan kendaraan dinas dialihkan untuk sektor kesehatan guna meningkatkan pelayanan dasar kesehatan masyarakat.

Juga diingatkan, dalam penganggaran supaya pelaksanaanya berpedoman pada Peraturan dan Perundang Undangan yang berlaku.
Ketentuan itu seperti Perpres No 54/2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang telah diubah dengan Perpres No 70/2012.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help