Citizen Reporter

Mengapa Harus Ngeblog?

karena dunia tanpa sekat dan batas, saatnya menjadi blogger profesional...

Mengapa Harus Ngeblog?
www
ilustrasi 

Oleh : Sandi Iswahyudi
Blogger/Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
@SandiIswahyudi

Saya ingin buat blog untuk memotivasi anak didik saya, sebab anak sekarang minat belajarnya rendah. Selain itu saya akan tuangkan pengalaman dan aktivitas positif terkait dunia pendidikan dalam bentuk catatan sehingga mampu menginspirasi...

 

ITU harapan Dhany, seorang guru SMK di Kota Batu ihwal keinginannya memulai aktivitasnya membuat blog. Pun demikian dengan Wanto, manajer di pusat perbelanjaan di Kota Malang. “Ngeblog untuk berbagi pengalaman pribadi terutama kejadian yang bisa membuat orang terinspirasi dan termotivasi," tutur Wanto yang selama ini aktif sebatas mengisi materi tentang motivasi, namun jarang menulisnya.

Sementara Silvi, dosen di kampus negeri di Malang menambahkan, ngeblog adalah langkah untuk berbagi dan menginspirasi. Sebab sedekah tidak harus dengan rupiah.

Bagi Fajar, dosen di kampus swasta di Malang, “saya bisa bercerita, eksis, narsis, dan pastinya memacu berpikir realistis serta kritis.”

Keempatnya menyampaikan pendapat dalam kelas Blogger Gerakan Sadar Kebaikan Buku (GSKB), akhir November 2015 lalu di Hotel UMM Inn. Kelas yang saya inisiasi ini, bertujuan menyebarkan manfaat ngeblog, serta mengajak orang untuk menyebarkan virus positif lewat tulisan.

Kelas ini terdiri atas enam tingkatan, jika ingin ke tingkat berikutnya harus mengerjakan tugas yang diberikan.

Delapan peserta kali ini datang dari beragam profesi. Ada juga mahasiswa, dosen, guru, hingga ibu rumah tangga. Tujuan mereka ngeblog pun bermacam. Dua mahasiswa, Dimas dan Faqih, mengaku untuk menambah pendapatan, mengembangkan diri, serta mengaji keilmuan sesuai dengan jurusan yang mereka teuni.

Sementara Ida, ibu rumah tangga, baginya ngeblog tempat untuk menyalurkan kegemarannya menulis cerpen sekaligus alat menjual produknya.

Misi pembentukan kelas ini bukan hanya untuk ajang eksistensi diri semata. Melainkan sebagai gerakan kecil untuk berkontribusi bagi Indonesia. Jika saat ini, banyak sekali konten-konten negatif beredar di dunia maya, lewat kelas ini, blogger siap menghasilkan konten-konten positif yang bermanfaat.

Siapapun Anda, apapun profesinya, semua bisa ngeblog, berbagi inspirasi dan hal-hal positif. Ngeblog juga investasi jangka panjang.

Seperti kata Pramoedya Ananta Toer, menulis adalah bekerja untuk keabadian. Jadi apakah Anda siap menghasilkan konten positif untuk Indonesia?

 


 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved