Berita Surabaya

Idealnya Ada 4,4 juta Pengusaha di Indonesia

“Untuk itu, kami akan membuat gerakan ciptakan satu juga pengusaha baru Muhammadiyah di semua bidang usaha,” kata Mohammad Nadjikh, Ketua Majelis Ekon

Idealnya Ada 4,4 juta Pengusaha di Indonesia
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Suasana Temu Jaringan Saudagar Muhammadiyah yang digelar di Surabaya, 11-13 Desember. 

SURYA.co.id |SURABAYA – Indonesia hanya memiliki 400.000 orang pengusaha, dan sisanya adalah pekerja atau buruh kerja.

Dengan kondisi ini, disebut bahwa sulit bagi perekonomian Indonesia untuk cepat maju menyamai negara-negara maju lain.

Idealnya, Indonesia memiliki 4,4 juta pengusaha dari jumlah angkatan kerja produktif. Atau, jika dua persen saja masyarakat Indonesia menjadi pengusaha, Indonesia akan cepat menjadi negara maju.

“Untuk itu, kami akan membuat gerakan ciptakan satu juga pengusaha baru Muhammadiyah di semua bidang usaha,” kata Mohammad Nadjikh, Ketua Majelis Ekonomi Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Menurut pria asli Surabaya yang juga menjadi pengusaha di bidang perikanan ini, disparitas kekayaan dan kesejahteraan antara kelompok masyarakat sudah di luar kewajaran.

Situasi tersebut berdampak pada melemahnya posisi tawar umat Islam di bidang-bidang lainnya.

Dan disparitas yang tajam, juga mengakibatkan pertumbuhan ekonomi tidak menimbulkan manfaat yang signifikan daam meningkatkan kesejahteraan penduduk.

“Umat Islam mencapai 85 persen dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia, tapi hanya mengendalikan sekitar 20 persen kekayaan Indonesia,” ujarnya.

Pengusaha muslim jumlahnya masih sangat sedikit.

“Karena itu, kami akan berusaha mendorong kader Muhammadiyah, siswa dan mahasiswa untuk menjadi pengusaha baru di kemudian hari,” papar di sela acara Temu Jaringan Saudagar Muhammadiyah yang digelar di Surabaya, 11-13 Desember.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved