Berita Surabaya

Kodam V/Brawijaya Tuan Rumah Kejurnas Yongmoodo

"Setiap kontingen beranggotaka 24 orang yang terdiri dari lima official dan pendukung, serta 19 atlet," ujar Nur Rahmad, Jumat (11/12/2015).

Kodam V/Brawijaya Tuan Rumah Kejurnas Yongmoodo
surya/ahmad faisol
OLAH RAGA - Beladiri Militer Yongmoodo digelar menyambut kedatangan Pandam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko di Makodim 0829 Bangkalan, Jumat (27/2/2015). 

SURYA.co.id |SURABAYA - Kodam V/Brawijaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Kejuaraan Nasional II beladiri Yongmoodo Piala Kasad V tahun 2015.

Ajang tahunan yang dimulai sejak 2010 ini akan dipusatkan di GOR CLS, Kertajaya, Surabaya, mulai 12 Desember hingga 14 Desember 2015.

Menurut Kolonel (inf) M Nur Rahmad, ketua penyelenggara Kejurnas ini mengatakan, sebanyak 19 kontingen dari seluruh Kodam dan Kotama (Komando Utama) jajaran TNI AD dan lima Pengurus Daerah (Pengda) Yongmoodo, yang meliputi Pengda Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, dan DKI Jakarta.

"Setiap kontingen beranggotaka 24 orang yang terdiri dari lima official dan pendukung, serta 19 atlet," ujar Nur Rahmad, Jumat (11/12/2015).

Pria yang juga menjabat sebagai Danrem 084/Bhaskara Jaya ini menambahkan, kejuaraan tersebut akan mempertandingkan tiga kelompok, yakni kelompok perorangan putra yang terdiri dari delapan kelas, kelompok perorangan putri yang terdiri dari empat kelas, dan kelompok beregu putra.

"Masing-masing kelompok akan memperebutkan juara 1, juara 2, dan juara 3," sambungnya.

Yongmoodo adalah salah satu bentuk beladiri dari Korea Selatan yang telah dijadikan beladiri wajib di tubuh Angkatan Darat sejak 2008.

Di level internasional, Indonesia telah mencatatkan beberapa prestasi gemilang dalam sejumlah kejuaraan Yongmoodo, di antaranya adalah satu medali emas dalam World Yongmoodo Championship di Korsel tahun 2011, lalu dua emas, satu perak, dan satu perunggu dalam event Piala Presiden Korea Selatan tahun 2012, serta dua perak di ajang Piala Internasional Yongmoodo Champhionship 2013.

"Saat ini Yongmoodo masih belum masuk dalam cabang olahraga KONI. Tetapi kami masih terus mensosialisasikan beladiri ini ke masyarakat agar semakin banyak yang tahu dan bergabung, sehingga nantinya bisa diakui oleh KONI. Untuk tujuan itu pula, ajang Kejurnas Kasad Cup ini digelar," pungkasnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Eben Haezer Panca
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved