Berita Surabaya

Libur Pilkada, Pengunjung Kebun Binatang Surabaya Tembus 6.400 Orang

Sebagian warga Surabaya memanfaatkan hari libur Pemilihan Kepala Daerah untuk berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya. Berikut penggalan cerita pengunju

Libur Pilkada, Pengunjung Kebun Binatang Surabaya Tembus 6.400 Orang
surya/sugiharto
Pengunjung menunggang unta di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Minggu (19/7/2015). 

SURYA.co.id I SURABAYA - Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih menjadi favorit warga untuk dikunjungi di saat hari libur, seperti yang berlangsung saat hari pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada), Rabu (9/12/2015).

Kala itu para pengunjung berdatangan ke KBS, sejak pukul 10.00 WIB. Rata-rata mereka tiba usai memberikan suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kampung masing-masing.

Seperti keluarga Partinah, yang datang bersama tujuh anggota keluarganya asal Waru, Sidoarjo. "Kami berangkat dari Waru setelah sarapan dan nyoblos di TPS dekat rumah. Sidoarjo kan juga coblosan, mumpung libur, sekalian saja jalan-jalan ke Surabaya," kata Partinah,

Partinah datang ke KBS bersama kedua orangtuanya, suami, dan tiga anaknya. Mereka terlihat membawa bungkusan berisi makanan.

"Iya, ini mbontot. Sebenarnya hanya jalan-jalan murah meriah, karena masih waktu ujian sekolah untuk anak-anak sejak hari Senin kemarin sampai Sabtu besok," lanjutnya.

Tak hanya keluarga Partinah, beberapa remaja juga tampak antri di loket masuk KBS yang memasang tarif masuk Rp 15.000 per orang.

"Cari tempat yang sejuk saja. Sambil main, dan ini bawa buku juga, karena masih ujian," kata Sari, yang mengaku bersama teman-temannya, masih duduk di kelas X sebuah SMK swasta di daerah Bendul Merisi.

Suasana di dalam KBS sendiri tampak lebih penuh dibanding hari libur hari Minggu.

Selain menikmati hewan-hewan koleksi KBS dengan melihat-lihat berkeliling, diantara mereka juga ada yang duduk-duduk dibawah pohon sambil ngobrol, dan makan-minum. Ada juga yang memasang tikar plastik, kemudian menikmati makanan yang mereka bawa. Ada pula yang makan di warung-warung dan kios di dalam KBS.

Aschta Boestani Tajudin, Pelaksana Direktur Utama (Plt Dirut) Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, mengakui bila, seperti hari Pilkada 5 tahun lalu, memang ada kenaikan signifikansi jumlah pengunjung.

"Hari ini, jumlah pengunjung sekitar 6,400. Pada hari rabu atau hari kerja pengunjung hanya sekitar 3,000," kata pejabat yang akrab disapa Bu Asta itu.

Hingga akhir bulan Desember 2015 ini, Asta memprediksi jumlah kunjungan akan terus mengalami peningkatan dengan adanya liburan sekolah mulai tanggal 17 Desember mendatang. Kemudian liburan dua di tanggal 24 dan 25 Desember mendatang.

"Kalau liburan sekolah, tentu masih anak sekolah yanf libur. Orangtua belum, nanti yang tanggal 24 dan 25 mungkin lebih banyak lagi karena orangtua ikut libur," lanjutnya.

Kondisi yang sama diprediksi akan terjadi pada libur tahun baru pada 1 Januari 2016 mendatang. Diakui Asta, KBS masih menjadi jujugan favorit warga untuk rekreasi murah meriah. Selain lokasinya yang berada di tengah kota Surabaya, juga tiketnya yang sangat terjangkau.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved