Berita Sidoarjo

Dikasih Rp 1,3 Miliar, Dewan Minta Pemkab Siapkan Perumusan RSUD Krian

"Kami ingin Pemkab membuatkan feasibility study (FS), pembuatan detail engineering design (DED), dan masterplan," ujar Ketua Komisi D H Usman.

Dikasih Rp 1,3 Miliar, Dewan Minta Pemkab Siapkan Perumusan RSUD Krian
surya/miftah faridl
Warga berdaudensi dengan sejumlah anggota DPRD Sidoarjo. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - DPRD Sidoarjo meminta Pemkab Sidoarjo membuat rumusan dan perencanaan lengkap terkait pembangunan RSUD Krian, Sidoarjo. Hal ini dilakukan karena dana untuk pembangunan RSUD tidak masuk dalam poin pembangunan APBD Sidoarjo 2016.

Meski tak masuk APBD, pembangunan RS Krian tersebut penting artinya untuk layanan kesehatan warga Kota Delta.

Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, H Usman, meminta perumusan tersebut masuk anggaran APBD 2017.

"Kami ingin Pemkab membuatkan feasibility study (FS), pembuatan detail engineering design (DED), dan masterplan, sampai sebelum kami merumuskan APBD 2017," kata Usman, Senin (30/11/2015).

Untuk mendukung percepatan perencanaan dan perumusan, DPRD mengalokasikan dana Rp 1,3 miliar. Diharapkan, dana tersebut menjadi modal Pemkab untuk membuat draf lengkap RS yang komprehensif.

"Kuncinya adalah perumusan untuk menentukan juga berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan fisik," sambungnya.

Ketua DPRD Sidoarjo Sulamul Hadi Nurmawan menambahkan pihaknya tak mempermasalahkan apabila pembangunan RSUD Krian ini menggandeng pihak ketiga dalam pelaksanaannya.

"Misalkan, RS tersebut ada fasilitas apartemen atau pusat perbelanjaan, itu tidak apa-apa selama perjanjiannya jelas, tegas, dan transparan," imbuh Nurmawan.

Menurut politisi PKB ini, pembangunan daerah yang open minded tidak mengharamkan pihak ketiga ambil bagian. Sinergisitas antara pemda dengan swasta, lanjutnya, akan memberi andil pembangunan daerah yang maju.

"Tapi tetap mengedepankan kepentingan umum," ujarnya.

Rencana pembangunan RSUD Krian bertujuan mengurai overload layanan di RSUD Sidoarjo, khususnya bagi warga Sidoarjo bagian barat.

Pemkab sendiri sudah menyiapkan lahan 1,1 hektar di Tambak Kemerakan, Krian, Sidoarjo yang merupakan bekas tanah desa di Krian. RSUD Krian ini rencananya merupakan RS Tipe D.

Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo dr Ika Harnasti menyatakan telah berkoordinasi dengan intansi lain untuk mempercepat penyusunan perencanaan dan perumusan tersebut.

"Kami upayakan secepatnya agar bisa segera clear," tandas Ika.

Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved