Pelatihan dan Pembentukan LPKP Jabar, Pertahankan Ciri Khas Daerah

“Pembentukan LPKP merupakan amanat dari Undang-Undang No.40 Tahun 2009, tentang Kepemudaaan. Selain di tingkat Pusat, LPKP juga dibentuk tingkat Provi

Pelatihan dan Pembentukan LPKP Jabar, Pertahankan Ciri Khas Daerah
istimewa
Pembukaan acara Pelatihan dan Pembentukan LPKP Jawa Barat, Selasa (24/11/2015). 

SURYA.co.id |JAKARTA - Dalam rangka mendorong dunia usaha, khususnya di kalangan pemuda, Pemerintah terus memfasilitasi pembentukan Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda (LPKP).

Pemerintah, dalam hal ini, melalui Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia, telah melakukan berbagai pelatihan, dan memberikan pemahaman tentang kelembagaan LPKP kepada para stakeholder di berbagai daerah.

“Pemerintah terus melakukan pendampingan untuk ikut merumuskan model kelembagaan LPKP yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi daerah. Kemudian menetapkan rencana aksi (action plan), hingga terbentuknya kelembagaan LPKP di daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutur Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Drs. Ponijan, M.Pd, ketika membuka acara Pelatihan dan Pembentukan LPKP Jawa Barat, Selasa (24/11/2015).

LPKP, lanjut Sekretaris Pelaksana LPKP ini, adalah lembaga yang dibentuk Pemerintah untuk mendukung pengembangan kewirausahaan pemuda guna mendapatkan akses permodalan.

“Pembentukan LPKP merupakan amanat dari Undang-Undang No.40 Tahun 2009, tentang Kepemudaaan. Selain di tingkat Pusat, LPKP juga dibentuk tingkat Provinsi dan Kabupaten. Oleh karena itu, Pemerintah Pusat melalui Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, memfasilitasi pembentukan LPKP di 10 daerah termasuk Provinsi Jawa Barat,” terang Ponijan.

Acara Pelatihan dan Fasilitasi Pembentukan LPKP Jawa Barat, diikuti 25 orang peserta yang berasal dari SKPD terkait di Provinsi Jawa Barat.

Dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jawa Barat, H. Yuda M. Saputra, dan Drs. Sudrajat Rasyid, MM, selaku Tim Pokja Kewirausahaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Acara ini dilaksanakan di Hotel Summer Hills, Sukasari Bandung, berlangsung selama tiga (3) hari, (Selasa – Kamis, 24-26/11/2015).

Agenda Pelatihan dan Fasilitasi Pembentukan LPKP ini, meliputi; acara pembentukan LPKP Provinsi Jawa Barat, dan pengumpulan data potensi wirausaha muda (Need Assesment) Provinsi Jawa Barat.

“Pemerintah juga terus melakukan pendampingan dalam rangka koordinasi dengan para stakeholder, khususnya dengan bagian hukum dan perundang-undangan dalam rangka penerbitan kebijakan sebagai dasar pembentukan LPKP di provinsi Jawa Barat,” ujar Ponijan.

Pada bagian lain, Ponijan mengingatkan, LPKP menjadi bagian dari usaha pemerintah untuk terus menggiatkan pemuda dalam dunia usaha.

“Melalui LPKP masing-masing daerah diharapkan kita dapat meningkatkan per­kembangan ekonomi yang seimbang di seluruh daerah, tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki daerah. Dapat mengembangkan kehidupan ekonomi yang sehat, dan dinamis. Memi­liki kemampuan menciptakan kemandirian ekonomi nasional de­ngan daya saing yang tinggi dan mewujudkan kemakmuran rakyat yang adil dan merata,” ungkapnya

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Yoni
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved