Citizen Reporter

Bersama BBM Cara Mudah Mencicipi Manfaat Ngeblog

apakah menjadi blogger itu sudah ketinggalan zaman? ah, tidak begitu kali.... ini buktinya....

Bersama BBM Cara Mudah Mencicipi Manfaat Ngeblog
wallpaperup
ilustrasi 

Oleh : Sandi Iswahyudi
Blogger/ Mahasiswa Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang
@SandiIswahyudi

... ngebloglah selagi muda dan single. Kau tak akan pernah tahu kemana blog akan membawamu pergi... 

ITU kutipan Teguh Sudarisman, editor, penulis buku, dan travel writer yang saya nukil untuk pembuka di kelas Blogger Booklicious Malang (BBM) belum lama ini.

Di era digital ini, blog tak hanya digunakan sebagai media ekspresi diri semata. Lebih jauh, blog telah bertransformasi sebagai media untuk mendapatkan tambahan income, jalan-jalan, menginap di hotel hingga makan gratis di restoran.

Bahkan beberapa blogger yang memiliki jam terbang tinggi, menjadikannya sebagai profesi utama. Lewat media blog bisa mengabdi untuk negeri, sekaligus alat untuk mendapat pekerjaan dengan mudah.

Fakta-fakta inilah yang menjadikan saya membentuk kelas BBM. Secara umum dijelaskan manfaat dan peluang menjadi seorang blogger. Dari sembilan orang yang hadir, alhamdulillah enam orang di antaranya berminat menyeriusinya. Mereka, Amin, Agus, Yuni, Lisvy, Dewi, dan Muna.

Keenamnya (dua di antaranya dari Solo dan Jakarta) telah membuktikan dirinya dengan menuntaskan tugas-tugas yang diberikan di blog masing-masing.

Keseriusan mereka membuat semangat saya semakin membara dan yakin jika mereka konsisten dan komitmen ngeblog, pasti akan merasakan manfaat ngeblog.

Selanjutnya, keenamnya masuk di kelas kedua yang dibuka Senin (16/11/2015) di Kafe Ria Djenaka, Malang. Di kelas ini mereka mendapat materi bagaimana menjual diri sebagai blogger. Apa saja yang perlu disiapkan sehingga blog yang mereka kelola bisa menjual, serta bagaimana blog cepat dikenal oleh blogger lain. Sebab, sehebat apapun kualitas blog, selama tak bisa memasarkan, blog tak akan memberikan banyak manfaat.

“Kelas blogger ini kegiatan sangat efektif dan edukatif, serta menguntungkan secara kelompok maupun pribadi,” tutur Dewi, mahasiswa perguruan tinggi di Malang.

Lisvy, domisili Jakarta menambahkan via WA, “kelas ini bagus banget, pertama buat menunjang karier temen-temen, kedua sebagai media berbagi kebaikan, dan ketiga aku yang jauh tetap bisa ikutin. Harapannya, semoga ini langkah buatku untuk konsisten menebar manfaat, merasakan manfaat ngeblog, serta sebagai wadah untuk berkreatifitas.”

 


 

 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved