Berita Tulungagung

Relawan Ini Buat Mbok Sringah Jadi Sumringah

Relawan Wajah Pribumi bersama personel Polisi dan TNI melakukan bedah rumah janda miskin, Mbok Sringah (55).

Relawan Ini Buat Mbok Sringah Jadi Sumringah
SURYA.co.id/Didik Mashudi
Kondisi rumah Mbok Sringah sebelum diperbaiki para relawan, Minggu (22/11/2015). 

SURYA.co.id I TULUNGAGUNG - Relawan Wajah Pribumi bersama personel Polisi dan TNI AD melakukan bedah rumah janda miskin, Mbok Sringah (55). Rumah yang semula kumuh seperti kandang diperbaiki menjadi layak huni, Minggu (22/11/2015).

Pemilik rumah kumuh layaknya kandang itu Mbok Sringah (55) warga Desa/Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Mbok Sringah yang hidup mandiri itu tinggal dan beraktifitas sendirian di rumahnya.

Keberadaan rumah kumuh itu kemudian mengundang simpati warga yang biasa berkomunikasi melalui sosial media. Sehingga tercetus ide untuk kerja bakti melakukan bedah rumah.

Ada belasan pegiat Wajah Pribumi bersama personel aparat keamanan melakukan kerja bakti membuat rumah layak huni. Rumah baru untuk Mbok Sringah itu dengan kerangka kayu, atap asbes dan dinding kalsibot.

Untuk lantai rumah ukuran 3 x 3 meter juga dirabat atau diplester semen sehingga menjadi rumah yang layak huni.

Arif Afandi, salah satu pegiat Wajah Pribumi menjelaskan, komunitasnya tergerak ikut membantu setelah mengetahui ada rumah yang masih kumuh. "Kami merasa prihatin, setelah melihat ada rumah yang tidak layak huni," ungkapnya.

Rumah kumuh Mbok Sringah semula hanya beratap plastik, dindingnya dari potongan plastik dan bekas baliho. Kondisi rumahnya juga sudah reot dan tidak layak huni.

Rumah kumuh ini menempati lahan milik saudaranya. Dalam keseharian Mbok Sringah beraktifitas mengumpulkan barang bekas.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help