Tempo Doeloe

Fakta-fakta Unik di Nusantara dalam Beberapa Video 100 Tahun Silam

TEMPO DOELOE - Bioskop pertama di Nusantara saja sudah berdiri sejak 5 Desember 1900 di Tenabang atau Tanah Abang, Batavia, kini Jakarta.

SURYA.co.id | Teknologi video atau film masuk Nusantara sudah lebih dari seabad silam. Sebagai gambaran, bioskop pertama di Nusantara saja berdiri sejak 5 Desember 1900 di Tenabang atau Tanah Abang, Batavia, kini Jakarta.

Namun, selama bertahun-tahun, dokumentasi gambar idoep dari masa itu hanya tesimpan di museum atau pusat-pusat pendidikan. 

Kini, berkat Internet yang maju pesat sejak dua dekade terakhir, banyak lembaga yang mengalihkan format film jadul itu ke versi digital dan menyebarkannya secara percuma. 

Maka, khalayak ramai pun dapat menikmati fakta-fakta masa lalu yang jauh menjadi terasa agak dekat. 

Fakta pertama: Dalam video dari tahun 1910-1915 mulai menit 1.24 sampai 2.18 di atas menunjukkan: orang Nusantara sejak dulu suka madat atau hisap candu atau opium. Kini populer sebagai narkotika. 

Pemerintah kolonial Belanda memang melegalkan perdagangan candu. Adapun jejaring distribusinya dikuasai orang Tionghoa.  

Tayangan lain dalam video di atas menunjukkan suasana Jakarta tempo doeloe. Antara lain, perahu-perahu untuk transportasi dalam kota di sungai kawasan Weltevreden, kini sekitar Stasiun Gambir.

Ada pula trem di jalanan Batavia, kemudian suasana Pecinan di Glodok, juga jalanan yang lebar dan lengang di Tenabang. Lebih asyik dibanding zaman sekarang, bukan? 

Fakta berikutnya:

Halaman
Penulis: Yuli
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved