Citizen Reporter

Berguru pada Yatim Piatu Batu

apa yang anda pikirkan tentang anak yatim piatu? bagaimana kalau menyambangi yatim piatu di Kampoeng Kidz ini?

Berguru pada Yatim Piatu Batu
istimewa
ilustrasi 

Oleh : Sandi Iswahyudi
Blogger/Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang
@SandiIswahyudi

JIKA stereotip anak yatim piatu yang seperti ini (kurang percaya diri, pengangguran, dan jauh dari kata mulia lainnya) masih melekat di benak Anda, tolong ganti dengan sudut pandang positif.

Caranya? Datang saja ke Kampoeng Kidz di Kota Batu. Di kampung yang satu lokasi dengan SMA Selamat Pagi Indonesia itu pandangan Anda akan berubah. Dan Minggu (8/11/2015) itu, saya pun dibuat takjub menemukan anak-anak yatim piatu yang luar biasa. Penuh rasa percaya diri, terampil, pekerja keras, suka berkarya, dan andal berkomunikasi.

Terlebih saat anak-anak yatim piatu dari SMA Selamat Pagi Indonesia menyuguhkan kepiawaannya kepada pengunjung dari ibu guru PAUD dan muridnya, juga tamu dari perbankan.

Kompilasi tarian Nusantara mereka tampilkan dengan apik, penuh semangat, percaya diri, dan optimisme tinggi. Senyuman, gerakan, dan raut muka mereka seakan mengirim makna, kami bisa dan mampu. Saya pun dibuat merinding. Tepuk tangan meriah mengiringi pertunjukkan mereka.

Kesempatan ngobrol dengan mereka pun terjalin dengan mudah. Mencoba ngobrol dengan Yohana dan Lila, dua siswa SMA Selamat Pagi Indonesia sungguh menggugah. Lancar, tanpa ada rasa malu, dan menikmatinya. Hebat bukan?

“Kami di SMA Selamat Pagi diajarkan materi sama seperti di sekolah pada umumnya. Juga diajarkan materi life skill. Seperti kemampuan berbicara bahkan menjadi wirausaha,” kisah Lili, siswa asal Blitar yang menemani saya berkeliling di Kampoeng Kidz.

Mengunjungi Kampoeng Kidz, ternyata bukan sekadar berwisata dan merasakan suasana kampung. Lebih dari itu, siapapun bisa belajar tentang arti perjuangan, toleransi satu sama lain, serta rasa syukur.

Di kampung belajar yang ada di Jalan Pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu ini membuka pintunya setiap hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Di hari-hari lain, harus melakukan pemesanan dahulu.

Kampoeng Kidz menyediakan program unggulan, petualangan dan kewirausahaan untuk anak-anak, remaja, hingga para profesional.

 


 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved