Bisnis Cafe Coklat Terus Meningkat

Yang sedang dikembangkannya untuk melebarkan sayap dalam usaha ini adalah sistem franchise.

SURYA.CO.ID | SURABAYA – Bisnis cafe semakin menjamur di Surabaya. Trend usaha ini juga terus berkembang mengikuti selera konsumen. Sekarang cafe tak hanya menyuguhkan kopi tapi cenderung bergeser ke menu lain, seperti coklat dan sebagainya.

Sunni Akbar, Pengelola Suoklat Cafe menyebut, peluang bisnis yang dijalankan sangat berpotensi. ”Selain mengembangkan bisnis serupa di Surabaya, kami juga bersiap membuka cabang di Jakarta dan daerah-daerah lain,” ujar Sunni, Senin (19/10/2015).

Sejak beroperasi Tahun 2012, Suoklat Cafe terus tumbuh. Sunni tidak membeber berapa omzetnya, tapi disampaikan setiap bulan rata-rata harus mendatangkan kakao atau bahan dasar pembuat coklat sampai sekitar 100 kuintal untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Menangkap peluang yang semakin besar itu, dia dan istri mulai berusaha mengembangkan usaha. Yang terbaru, membenamkan investasi sekitar Rp 350 juta untuk membuka cafe coklat baru di Jl Ngangel Jaya Utara Surabaya yang diberi nama Bree Chocolaterie.

“Konsepnya tidak jauh beda tetap menyuguhkan beragam olahan coklat, seperti hot and ice chocolate, praline, truffle, cookies, dan sebagainya,” paparnya.

Jika Suoklat Cafe selama ini mengambil bahan dari pabrikan, Bree Chocolaterie akan mendatangkan kakao langsung dari petani, yakni petani kakao Jember.

“Karena kami belum punya mesin pengolahnya, kami mengambil kakao dari petani yang ditangani oleh PTPN,” sambungnya.

Dirinya optimistis, omzet dari cafe yang baru dilaunching ini tidak kalah dengan Suoklat. Jika tidak bisa melebihi, targetnya minimal harus sama dengan cafe pendahulunya, kisaran 100 kuintal perbulan.

”Tapi kami sangat yakin ini sukses karena potensinya sangat besar. Fenomena cafe coklat masih terbilang baru di Surabaya, dan sejauh ini masih sangat sedikit pemain atau pesaingnya,” lanjut Sunni.

Setelah Bree Chocolaterie, Sunni bersiap untuk mengembangkan usahanya ke Jakarta. Sedikit dibocorkan, sekarang ini dirinya sudah negosiasi dengan calon investor yang akan bekerjasama di Ibu Kota.

Yang sedang dikembangkannya untuk melebarkan sayap dalam usaha ini adalah sistem franchise. “Detail kerjasama dengan investor besar nanti seperti apa, kami belum bisa sampaikan sekarang. Yang jelas kami berusaha mengembangkan usaha ini di Jakarta dan di beberapa daerah lain dengan mengunggulkan coklat dalam negeri,” pungkasnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok.
LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline
FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Penulis: M Taufik
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved