Surya/

Kereta Api

Keluhan Penumpang Kereta Api Lokal: Cepat Antre Tapi Tiket Cepat Habis

#SURABAYA - Pelayanan tiket lokal di Daop 8 yang meliputi Surabaya, Malang Blitar, dan Lamongan ini berlaku 150 persen.

Keluhan Penumpang Kereta Api Lokal: Cepat Antre Tapi Tiket Cepat Habis
faiq nuraini
Layanan cetak tiket mandiri di Stasiun Gubeng, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemberlakuan tiket go show memang memangkas masa antrean dan mempercepat cetak tiket di stasiun. Namun pemberlakuan aturan baru layanan cetak ini banyak dikeluhkan.

Tidak hanya penumpang yang kehabisan tiket, tapi banyak penumpang yang juga tak tempat duduk.

"Lebih enak dengan lebih dulu pesan jauh-jauh hari. Apalagi saya biasa tiap hari PP ke Malang. Kalau harus datang tiga jam sebelumnya ya jelas tidak bisa. Kemarin saya kehabisan dan harus berdiri," kata Fatchul Munir, salah satu penumpang.

Seperti sebelumnya, pelayanan tiket lokal di Daop 8 yang meliputi Surabaya, Malang Blitar, dan Lamongan ini berlaku 150 persen.

Jika ada 150 + 1, maka 1 penumpang akan ditolak dan tak diangkut. Sementara 50 persennya diangkut meski tempat duduk penuh. Namun mereka berdiri.

Para penumpang, selama ini ada yang sudah langganan karena jadwal keberangkatan sudah pasti. Namun dengan tiket go show, dengan jadwal yang sama belum ada jaminan bisa mendapat tempat duduk.

"Saya suka naik KA karena sekarang tak ada lagi asongan dan semua ber-AC. Tapi kalau harus go show, ini yang susah. Iya kalau rumah saya dekat stasiun," kata Wiwik, penumpang yang lain.

Manager Humas PT KAI Daos 8 Surabaya, Sumarsono, mengakui bahwa diperlukan waktu sosialisasi lebih lama lagi agar masyarakat terbiasa. "Bisa dipahami karena ini baru. Sebenarnya tiket go show lebih dulu berlaku di tempat lain untuk tiket lokal. Daop 8 saja yang terlanjur melayani pesan tiket lokal," terangnya.

Biasanya, pelanggan dan penumpang yang banyak menyerbu tiket lokal adalah para pekerja rutin, mahasiswa, dan pegawai yang menginginkan kepastian jam tiba di tempat tujuan. Selain itu untuk waktu tertentu tidak sedikit mereka yang memang bepergian.

PT KAI sejauh ini masih akan melanjutkan layanan tiket thermal. Apalagi di Daop lain tiket go show sudah berjalan karena daop lain tak melayani tiket pesan. Bagaimana dengan nasib cetak mandiri. Cetak mandiri ini akan fokus untuk tiket jarak jauh

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help