Surya/

Kereta Api

Beli Tiket KA Tujuan Lokal Harus ke Loket, 3 Jam Sebelum Berangkat

#SURABAYA - Sebenarnya pemberlakukan tiket go show ini sudah diberlakukan awal Oktober lalu. Namun baru diuicobakan 15 Oktober kemarin.

Beli Tiket KA Tujuan Lokal Harus ke Loket, 3 Jam Sebelum Berangkat
ghurobi
Stasiun Gubeng Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mulai pertengahan Oktober ini, semua penumpang tujuan lokal di Daerah Operasional 8 Surabaya tak bisa memesan tiket seperti sebelumnya. Para penumpang wajib datang sendiri ke loket tiket di stasiun terdekat. Pelayanan tiket sendiri dibuka tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

PT KAI menyebutnya tiket thermal atau tiket go show (jelang keberangkatan). Sebenarnya pemberlakukan tiket go show ini sudah diberlakukan awal Oktober lalu. Namun baru diuicobakan 15 Oktober kemarin. Semua penumpang tujuan Daop 8, wilayah Surabaya dan sekitarnya, harus datang sendiri ke loket stasiun KA terdekat.

Dengan kebijakan tersebut, sekarang tak ada lagi pesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Bahkan sebelum ini masih berlaku pesan tiket sampai satu bulan sebelum jadwal berangkat. Namun saat ini tidak bisa lagi.

PT KAI Daop 8 Surabaya mulai memberlakukan tiket thermal atau tiket go show tadi. Setiap penumpang dengan tujuan lokal hanya dilayani dengan datang sendiri ke lokat tiga jam sebelum jadwal keberangkatkan.

"Semula kami merencanakan uji coba tiket thermal itu 6 Oktober. Karena kesiapan petugas dan menuntaskan yang lebih dulu pesan, kami undur pemberlakuannya," kata Manajer Humas PT Daop 8 Surabaya, Sumarsono, Minggu (17/10).

Pemberlakuan tiket go show ini menurut untuk mempercepat pelayanan pencetakan tiket di loket Stasiun. Pemandangan yang cukup mengganggu adalah terjadi antran panjang jelang keberngkatan. Padahal para penumpang ada yang pesan tiket sampai seblum sebelumnya.

Tiket Thermal ini menggantikan tiket lama yang menggunakan tiket dot matrix. Tiket thermal adalah tiket yang dicetak dengan ukuan kertas kecil. Seperti struk pembayaran di swalayan.

Dengan pemberlakuan tiket KA Thermal maka pelayanan pembelian tiket KA lokal haya dilayani pada hari keberangkatan. Itu pun loket untuk setiap jurusan baru akan dibuka tiga jam sebelum jadwal keberangkatan. Tidak lebih dari jawal ini. Jika melebiji jadwal akan ditutup.

Dengan tiket go show, cetak langsung berangkat ini, melenyapkan antrean panjang dengan memangkas masa pelayanan pencetakan tiket. Tiket dicetak cukup dengan waktu 1 detik.

Jauh lebih cepat dibanding tiket konvensional sebelumnya, dengan cetak tiket dot matrix. Tiket ini dicetak dengan waktu 15 detik per tiket. Belum lagi masa ambil, bayar, dan antrean. Akibatnya, antrean pun memanjang.

Sementara dengan tiket thermal, pencetakan tiket di loket jauh lebih cepat. "Yang jelas antrean terkurangi. Dua hari kami uji coba, tak ada lagi antrean di loket-loket stasiun," kata Sumarsono.

Secara fisik, ukuran tiket KA Thermal menggunakan kertas berukuran 8 x 9 cm menyerupai tiket parkir elektronik atau struk belanja di supermarket. Sebagai pengaman, pada kedua sisi tiket Thermal terdapat logo dan kode.

Ada tulisan PT KAI berwarna di kertas kecil itu, mempunyai barcode (kode batang), Nomor KA, Waktu keberangkatan, data petugas, loket penjualan, jam pencetakan, hingga tanggal dan jam kebeangkatan. Dan yang utama, tarif tiket juga ada di kertas mini ini.

Di Daop 8 sendiri, setiap hari ada 44 perjalanan KA lokal. Semua penumpang tujuan itu wajib datang dan menunggu cetak tiket di stasiun terdekat. Sebelumnya ada layanan cetak tiket mandiri. Namun kurang diminati meski disediaka alat dan petugas. Orang masih senang antre. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help