Dari Tipografi Bisa Jadi Duit

Sebenarnya karya fon bisa disebarkan secara gratis pada masyarakat. Syaratnya, pemakaian fon bukan untuk tujuan komersial.

Dari Tipografi Bisa Jadi Duit
surya/aflahul abidin
KARYA FON - Pameran Surabaya Kecamatan Typeface 2015 di UK Petra, Selasa (13/10/2015).

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Pembelajaran tipografi bisa menghasilkan duit. Dengan mengunggahnya ke situs web tertentu, pemilik bisa mendapatkan untung. Tapi tentu bukan sembarang hasil karya tipografi bisa diminati orang.

"Biasanya karya yang diminati itu yang unik. Misalnya mencerminkan sebuah karakter," kata Maria Nala Damajanti, Dosen Tipografi Universitas Kristen Petra di sela Pameran Surabaya Kecamatan Typeface 2015, Selasa (13/10/2015).

Ia mencontohkan, hasil karya yang unik itu misalnya mencerminkan karakter suatu daerah. Maria mengatakan, dalam membuat satu karya fon berkarakter, seseorang perlu menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan. "Karena harus ada riset dulu," lanjutnya.

Ia mengatakan, sebenarnya karya fon bisa disebarkan secara gratis pada masyarakat. Syaratnya, pemakaian fon bukan untuk tujuan komersial. Jika dipakai buat komersial, fon oleh pemilik bisa dijual. Harganya, kata Maria, mirip dengan harga lukisan: tidak ada patokan pasti.

"Tapi lumrahnya antara 10 dolar Amerika Serikat (AS) sampai 40 dolar AS. Tapi sangat mungkin juga harga di atas itu," ungkapnya.

Ia mengatakan, pernah ada hasil karya mahasiswa UK Petra yang sempat ditawar oleh seseorang dari luar negeri untuk keperluan komersial. "Tapi karena aturannya rumit, akhirnya mahasiswa memberikan secara gratis," ungkapnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok.
LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline
FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Tags
wirausaha
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved