Kereta Api

Begini Akibat Bangun Rumah Hanya 2 Meter dari Rel Kereta Api

#SURABAYA - Seharusnya tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Sesuai UU 23/2007 Perkeretapian, jarak pemukiman dengan rel minimal 6 meter.

Begini Akibat Bangun Rumah Hanya 2 Meter dari Rel Kereta Api
zainuddin
Pemukiman warga di Jalan Dupak Magersari, Surabaya. Sesuai UU 23/2007 tentang Perkeretapian, jarak antara bangunan pemukiman dengan rel minimal 6 meter. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tiga gerbong Kereta Api barang yang anjlok di Jalan Dupak Magersari, Surabaya tidak sampai terguling. Jarak roda dengan rel pun kurang dari satu meter.

Seharusnya tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Sesuai UU 23/2007 tentang Perkeretapian, jarak antara bangunan pemukiman dengan rel minimal 6 meter. 

Pengamatan SURYA.co.id di lokasi, jarak rel dengan bangunan pemukiman hanya sekitar dua meter. Bahkan bangunan Balai RW 9 Kelurahan Jepara pun berada di persimpangan dua rel.

Seorang warga, M Hasan mengaku tidak mengetahui sejak kapan pemukiman di sepanjang rel itu berdiri. Dia memperkirakan pemukiman ini sudah berdiri sejak tahun 1950-an. 

"Saya juga lahir dan besar di sini," kata Hasan. Ia mengakui sering terganggu suara KA. Tapi warga sudah terbiasa dengan suara bising KA. Apalagi mayoritas warga sudah lama domisili di sekitar rel KA.

Menurutnya, kecelakaan KA di sekitar Dupak Magersari sangat jarang. Sebelum anjloknya KA dini hari tadi, Hasan hanya ingat ada satu KA yang anjlok sebelumnya. Tapi saat itu hanya satu gerbong yang anjlok.

"Kalau yang tadi, rasanya seperti gempa. Makanya saya sampai keluar rumah untuk memastikannya," tambahnya. 

Facebook SURYA Online

Penulis: Zainuddin
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved