Tips

Cara Menggunakan Oven Listrik

Apabila bagian dalam sudah mengembang, putar loyang agar bagian cake yang lain mendapat panas yang sama sehingga cake matang merata.

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Menggunakan oven listrik yang benar, tidaklah terlalu mudah. Untuk mendapatkan manfaat dari penggunaan produk masak elektronik, harus lebih dulu mengenal oven yang dimiliki.

Marisa Setyowati, yang membuka usaha kue kecil-kecilan, memberikan tips menggunakan oven listrik agar bisa mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

"Kita harus tahu dulu karena oven listrik punya keunggulan pada kestabilan panasnya. Nah, kalau sekedar memanaskan makanan dingin yang sudah jadi, misalnya bubur, roti, pizza, atau sejeninya, cukup dipilih yang warm, atau memanaskan, dengan jangka waktu tak lebih dari 10 menit," kata Marissa.

Tapi bila untuk memasak makanan mentah, seperti kue kering atau masakan panggang, seperti daging panggang, ayam panggang, dan sejenisnya, ada tips dan trik yang bisa diikuti.

Diantaranya untuk memanggang kue kering atau cookies, bisa dengan langkah berikut : Panaskan oven terlebih dahulu sampai panas sekali saat ingin memulai memanggang.

Setelah oven panas sekali, setting low medium agar mendapatkan panas yang stabil. Tutup oven boleh dibuka dan harus sering-sering memindahkan rak saat memanggang. Mulai dari rak terbawah pindahkan ke atas. Rak atas pindahkan ke tengah, rak tengah pindahkan ke bawah dan seterusnya sampai cookies matang sempurna.

Putar-putar loyang searah dengan jarum jam saat menukar posisi rak.Pilihlah api kecil dan rajinlah untuk membuka tutup dan putar posisi sambil menukar rak. Memang memerlukan waktu yang lama tetapi hasil yang didapatkan sempurna.

Sedangkan untuk roti, panaskan oven hingga panas sekali, lalu setting low medium. Untuk memanggang cake sebaiknya menggunakan rak tengah, agar panas yang didapatkan merata dari bawah sampai atas. Oven jangan dibuka tutup.

Ditengah-tengah durasi memanggang, apabila bagian dalam sudah mengembang, putar loyang agar bagian cake yang lain mendapat panas yang sama sehingga cake matang merata. Hal ini tidak berlaku untuk pembuatan kue sus dan choux pastry.

Sedangkan untuk memanggang daging atau ayam, langkah yang bisa dilakukan, adalah pertama, gunakan tempat khusus roasted chicken. Putaran hawa pada oven dibuka agar suhu dalam oven stabil dan ayam matang dengan sempurna.

"Sangat bermanfaat. Silakan dicoba," tandas Marissa yang menggunakan oven listrik merek Panasonic dan Sharp itu.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok.
LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline
FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved