Kota Kediri Kukuhkan Puluhan Pendekar Kebersihan

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyebutkan, untuk mewujudkan kebersihan mulai tahun depan bakal dilombakan.

Kota Kediri Kukuhkan Puluhan Pendekar Kebersihan
surya/didik mashudi
Para pendekar kebersihan peragakan salah satu jurus usai dikukuhkan, Minggu (23/8/2015). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Kota Kediri mengukuhkan puluhan aktivis yang menjadi Pendekar Kebersihan. Para Pendekar Kebersihan ini akan menjadi pioner untuk mewujudkan kebersihan di setiap kelurahan.

Menandai peresmian Pendekar Kebersihan ini, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyerahkan sapu lidi kepada salah seorang Pendekar Kebersihan.
Sebaliknya, Pendekar Kebersihan menyerahkan topi caping kepada Walikota, Minggu (23/8/2015).

Penyerahan sapu menjadi penanda simbolis perlengkapan untuk membersihkan sampah. Sebaliknya, penyerahan topi caping menjadi simbol masyarakat dan pejabat harus bersama-sama menjaga kebersihan.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyebutkan, untuk mewujudkan kebersihan mulai tahun depan bakal dilombakan. Kelurahan yang mampu mewujudkan kebersihan bakal mendapatkan award dari Pemkot Kediri.

Sebaliknya, bagi kelurahan yang tidak dapat mewujudkan kebersihan bakal mendapatkan penilaian sendiri. Untuk menilai kebersihan ini akan melibatkan para praktisi, pemerhati lingkungan dan budayawan.

Sementara slogan untuk mewujudkan kebersihan ini, "Resik Ketitik, Reget Ketoro" atau Kebersihan Bakal Terlihat dan Kotor Kelihatan.

Selama ini Kota Kediri sangat getol untuk menjaga kebersihan kota. Sehingga setiap hari Jumat para pejabat digerakkan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sampah di selokan.

Karena urusan kebersihan menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat. Termasuk untuk menanganinya harus dilakukan bersama-sama dengan masyarakat.

Para Pendekar Kebersihan ini selain bertanggung jawab membersihkan lingkungannya juga berhak menegur masyarakat yang membuang sampah seenaknya.

Pendekar Kebersihan ini mendapatkan seragam hijau putih. Usai dikukuhkan, para Pendekar Kebersihan sempat memperagakan jurus-jurus gerakan sapu kebersihan.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help