Home »

Seleb

Seniman Kediri Tampilkan Seni Instalasi Tolak Balak

Ada sebagian masyarakat kita yang percaya menolak balak dengan memajang sapu dalam kondisi terbalik

Seniman Kediri Tampilkan Seni Instalasi Tolak Balak
surya/didik mashudi
SENI INSTALASI - Seniman Kediri menampilkan seni instalasi yang diberi judul Tolak Balak di kawasan Wisata Goa Selomangleng, Sabtu (22/8/2015).

SURYA.CO.ID | KEDIRI - Seniman Kota Kediri menampilkan hasil karya seni instalasi yang dipajang di kawasan Wisata Goa Selomangleng, Sabtu (22/8/2015). Ada tiga karya seni instalasi yang dipajang, masing-masing Tolak Balak, Dewi Sekartaji, Gatotkoco dan X Man serta Perempuan Dalam Sangkar.

Dari ketiga karya seniman instalasi itu karya Perempuan Dalam Sangkar dan Tolak Balak banyak mendapatkan apresiasi para pengunjung. Perempuan Dalam Sangkar menggambarkan seorang perempuan berbaju merah mencangklong tas merah, terkurung dalam sangkar besar yang di sekelilingnya dipajang aneka jenis topeng.

Karya lainnya, Patung Dewi Sekartaji di kelilingi batang bambu, ada patung Gatotkoco terbang serta di bawahnya ada tokoh fiksi X Man yang berpakaian ala robot. Sedang Tolak Balak memajang alat pembersih sapu yang dipajang terbalik. Di sekitarnya dipasang pigora dan kain putih serta kotak hitam TV.

Ada nuansa magis pada karya seni instalasi ini karena Tolak Balak biasa digambarkan untuk menolak segala bentuk bencana dan mara bahaya. Di ujung sapu lidi yang dipajang terbalik bakal diberi bumbu dapur seperti lombok, brambang dan bawang.

Menurut Suroso Tuwek, karya seni instalasi Tolak Balak menggambarkan kehidupan manusia. "Ada sebagian masyarakat kita yang percaya menolak balak dengan memajang sapu dalam kondisi terbalik," ungkapnya.

Rencananya di sekeliling arena karya instalasi Tolak Balak juga dipajang foto para pahlawan. "Kami akan pasang foto-foto pahlawan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat," tambahnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok.
LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline
FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Tags
seniman
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help