Citizen Reporter

Sssttt KKN Mahasiswa Unitri Rasa Torakur

ini tak ada hubungannya dengan Tora yang artis itu kendati KKN mahasiswa Unitri benar-benar berasa torakur.... apa itu?

Sssttt KKN Mahasiswa Unitri Rasa Torakur
www
buah tomat 

Catatan KKN Lusius Eldo Mendianto
Peserta KKN/mahasiswa Jurnalistik Ilmu Komunikasi Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

AGAR buah tomat tak terbuang sia-sia, mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang yang tengah kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Banjarejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang menularkan bagaimana menyulap tomat agar memiliki nilai jual lebih.

Dalam pelatihan dan pemberdayaan masyarakat Desa Banjarejo, digelar Rabu (12/8) di Balai Desa Banjarejo, warga dikenalkan pada tomat rasa kurma atau toraku.

Selama ini tomat dihasilkan berlimpah di desa ini, namun acapkali dijual dengan harga murah, hanya Rp 500 per kilo. 

Pelatihan pengolahan torakur mengundang pemateri dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unitri Malang, yaitu Prihatiningsih dan Budi Sentosa, dosen pengampu mata kuliah pengolahan pangan.

Menurut Prihatiningtyas, buah tomat yang berlimpah namun harganya tetap murah, menjadi masalah dan perlu pemberdayaan untuk mengolah tomat dengan rasa berbeda, yaitu rasa kurma.

Dengan adanya buah tomat rasa kurma, diharapkan akan memiliki peluang yang besar sehingga pemanfaatan tomat lebih efektif. Melimpahnya panen tomat pun diharapkan tidak lagi terbuang sia-sia ketika tomat tidak terjual habis di pasaran.

Keberlanjutan pembuatan torakur pun tidak hanya berhenti saat KKN saja namun dilakukan secara berkelanjutan.

Sementara, Budi sentosa memaparkan cara membuat tomat rasa kurma dengan prosedur yang diterapkan secara sederhana, tanpa teknologi canggih. Menurut Budi pelatihan akan berjalan dengan pembentukan kelompok petani terutama PKK Desa Banjarejo. Kehadiran masyarakat memeriahkan pelatihan torakur dengan partisipasi yang penuh semangat.

 


Tags
torakur
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved