Citizen Reporter

Kartar Jasmine untuk 70 Tahun Indonesia

organisasi boleh kampung, namun kinerja dan kepedulian mereka bolehlah kelas nasional.... merdeka!

Kartar Jasmine untuk 70 Tahun Indonesia
istimewa
garuda merah putih 

Catatan merdeka Ryan P. Putra
Pelajar SMA Negeri 4 Surabaya
fb.com/Ryan P Putra

ORGANISASI kampung di gang melati ini bak balita. Berdiri 16 Agustus 2013 silam. Kendati baru seumur jagung, Karang Taruna (kartar) Jasmine ini sudah menorehkan kinerja membanggakan. 

Tidak hanya mengadakan lomba saat mendekati perayaan kemerdekaan Republik Indonesia saja,  sempat juga mengadakan peringatan Hari Pahlawan tahun 2013 lewat drama seputar peristiwa 10 November.

Khusus peringatan hari ulang tahun ke-70 Republik Indonesia, Kartar Jasmine mengadakan lomba dengan inovasi terbaru. Tak hanya lomba untuk anak-anak, remaja, dan orang tua, juga lomba khusus kartar putra dan putri.

Inovasi bermula saat technical meeting lomba. Cak Teguh, Ketua Kartar Jasmine mengusulkan mencari tim paling kompak antara kartar putra dengan putri. Selain  mengusulkan lima lomba yang disetuji seluruh anggota.

Pada 9 Agustus 2015, tim kartar putra dan putri unjuk gigi saat start lomba yang digelar bada isya. Pertarungan kedu tim sangat sengit. Kedudukan sementara dua sama. Tinggal satu perlombaan lagi.

Lomba terakhir ini tak butuh skill atau kemampuan khusus, cukup kekompakan tim. Yakni, estafet memindahkan karet gelang dengan sedotan plastik yang diletakkan di mulut.

“Panitia tak mencari tim yang menang. Tetapi, mencari tim paling kompak,” ujar Abdul Chamid, Pembina Kartar Jasmine selaku wasit lomba. Akhirnya, tim kartar putra ditahbiskan sebagai juaranya. Kekompakan dalam perlombaan tersebut hanya permainan saja, karena sebenarnya Kartar Jasmine sangat kompak.

Perlombaan mungkin sudah biasa. Tetapi ini bukan hal yang biasa. Sudah belasan tahun, organisasi kartar di Kalilom Lor Indah Gang Melati, Surabaya ini tak vakum.

Mungkin para anggotanya sudah membangun rumah tangga. Oleh karena itu, lahirnya Kartar Jasmine akan membangun organisasi tersebut dengan semangat baru dan kekompakan ekstra.

Jangan pernah takut salah! menjadi motto kartar balita ini.

 


 

Tags
kartar
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved