Citizen Reporter

Tertawan Senja di Delegan

semua wajah pantai di manapun terasa sama.... namun tidak di Delegan.... hati-hati, jangan sampai tertawan...

Tertawan Senja di Delegan
citizen/grity amalia putri
Senja di Delegan 

Catatan senja Grity Amalia Putri
Mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya 

DEBUR ombak pantai dengan suasana sunset yang hangat, menjadi pesona luar biasa yang ditawarkan pantai Delegan, di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

Harga yang dibanderol untuk menikmati keindahan tersebut cukup terjangkau kantong. Pengunjung dewasa dipungut Rp 6.000 dan anak-anak Rp 4.000. Dengan harga murah meriah, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia.

Bermain di pasir putih dan mengejar ombak yang mampir di bibir pantai. Atau, menaikkan layang-layang lucu berwajah tokoh kartun menjadi akativitas yang tak kalah seru.

Bagi yang tak mumpuni berenang namun ingin mandi di pantai, manfaatkan ban karet yang banyak disewakan di pinggir pantai dengan tarif sewa beragam. Puas menikmati pesona Delegan, saatnya mengisi perut yang mulai merintih menuntut perhatian.

Banyak warung sepanjang pantai yang menyediakan berbagai jenis makanan laut plus es kelapa muda. Paduan maut yang sanggup meredam tuntutan perut.

Jika ingin membawa buah tangan khas Delegan, banyak penawaran yang bisa dipilih. Namun, ikan asap khas Gresik sungguh menjadi pilihan tepat. Apalagi ikan asap yang dijual warga adalah ikan hasil tangkapan sendiri.

Ahmad, kepala pantai Delegan mengatakan, di akhir pekan Delegan biasa menjadi jujuga wisatawan. Sekitar 2.500 hingga 4.500 tiket terjual bila akhir pekan tiba. Biasanya hanya 500 pengunjung meramaikan Delegan di luar akhir pekan.

Pengunjung biasanya bukan hanya dari Gresik, tetapi juga dari Jombang, Madura, Surabaya, dan sekitarnya. Wisatawan mancanegara  dari Jerman, Amerika, dan Inggris juga pernah merambah Delegan.

Selain berwisata, senja itu terlihat beberapa mahasiswa dengan berbagai universitas sengaja berkunjung untuk tujuan penelitian. Yakni, untuk meneliti pasang surut dan pasang naik air laut, tingkat kebersihan pantai, dan sebagainya.

Pantai yang dikelola warga Desa Delegan ini juga sering menjadi target pehobi fotografi yang memburu sunrise dan sunset.

 


Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved