Citizen Reporter

Writing Center Bidan 1000 Penulis baru

lowongan kerja: Indonesia membutuhkan ribuan penulis baru potensial untuk membangun literasi di Tanah air. Berminat?

Writing Center Bidan 1000 Penulis baru
www
Ayo menulis 

Catatan Eko Prasetyo
Mahasiswa S-2 Ilmu Komunikasi Unitomo Surabaya
fb.com/ Eko Prasetyo

ADA yang berbeda di Pusat Bahasa Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Lembaga yang lekat dengan tes kompetensi bahasa asing tersebut kini turut menjadi gerbong literasi di Kota Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya.

Di bawah kepemimpinan Drs Much Khoiri M.Si, Pusat Bahasa Unesa saat ini memiliki writing center yang siap menjadi kawah candradimuka calon-calon penulis andal di masa mendatang.

”Indonesia masih membutuhkan penulis-penulis baru potensial untuk ikut membangun dan mengembangkan budaya literasi di Tanah Air,” terang Khoiri dalam acara silaturahmi Jaringan Literasi Indonesia (Jalindo) di Surabaya, Selasa (11/8/2015).

Jebolan International Writing Program dari University of Iowa, Amerika Serikat itu menambahkan, bahwa writing center berupaya mewadahi mereka yang berminat menekuni dunia kepenulisan, baik penulisan akademik (academic writing) maupun penulisan kreatif (creative writing).

Beberapa hajatan berskala nasional dan internasional telah dilaksanakan di Pusat Bahasa Unesa. Salah satunya adalah pelatihan penulisan karya ilmiah di jurnal internasional pada 28-29 Mei 2015 silam.

Dengan narasumber Handoyo, Ph.D. Bimbingan kepenulisan tersebut juga mendatangkan pakar dari Ohio University, Amerika Serikat.

”Kini writing center membuka pintu bagi masyarakat luas dari berbagai kalangan yang tertarik untuk terjun sebagai penulis dan pegiat literasi. Targetnya tidak muluk-muluk, kami berharap bisa mencetak seribu penulis dalam satu tahun,” urai Syaiful Rahman, humas writing center.

Dia menjelaskan, diklat kepenulisan tidak hanya dihelat di writing center, tetapi juga ada kelas jauh (in house training). ”Para pengajarnya merupakan penulis-penulis senior yang berpengalaman di bidang masing-masing, baik di academic writing maupun creative writing, dengan kurikulum pembelajaran yang mudah dan menyenangkan,” lanjutnya.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved