Citizen Reporter

Menuding Kapitalisme dan Imperialisme Global

ekonomi Indonesia terpuruk? saatnya menuding kapitalisme dan imperialisme global...

Menuding Kapitalisme dan Imperialisme Global
istimewa
neraca 

Catatan Clara Ayu Crisant Carmelita
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

SELAMA empat hari di akhir Juli 2015 lalu, Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis (FB) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menggelar Hari Studi Manajemen. 

Pakar ekonomi, Prof Dr Sri Edi Swasono (75) yang hadir pada Kamis (30/7/2015) memberikan materi dalam sebuah seminar. Guru Besar Universitas Indonesia yang juga Ketua Umum Majelis Luhur Tamansiswa itu memberikan materi mengenai perekonomian Indonesia.

Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia itu menjabarkan, bahwa ketimpangan di Indonesia terlihat sangat jelas. Usaha pemerintah untuk terus menyeimbangkan supply dan demand dalam dunia pemasaran boleh diapresiasi. Namun pemerintah tidak melihat bahwa keseimbangan sosial masyarakat yang justru lebih vital malah terlupakan, ingatnya.

“Ulah kapitalisme dan imperialisme global telah menodai globalisme mulia yang memimpikan solidaritas dan koeksistensi damai,” ujar menantu Bung Hatta ini.

Prof Edi Swasono menambahkan, bahwa antara pemilik modal, pengusaha juga masyarakat harus bekerjasama agar sumber daya di Indonesia tidak dijual begitu saja ke luar negeri yang secara tidak langsung memperkaya kehidupan warga asing dan berdampak buruk bagi masyarakat Indonesia dalam membekali diri mengahadapi MEA.

Tak hanya ini, menurut pria yang sudah melalang buana mengajar di berbagai universitas di luar negeri ini, seharusnya setiap perusahaan di Indonesia memiliki Triple-co dalam visi misi perusahaan, yaitu co-ownership, co-determination dan co-responbility.

Lewat rangkaian hari studi manajemen itu, Elisabeth Supriharyanti, M.Si, Ketua Jurusan Manajemen FB UKWMS berharap para dosen bisa lebih mengoptimalkan kinerja dalam proses belajar mengajar.

Harapan besar juga digantungkan di pundak para lulusan program studi manajemen karena mereka yang akan menentukan kehidupan bangsa ini di masa depan.

 


 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved