Citizen Reporter

Hidup Sehat Itu Dimulai dari Cuci Tangan

sepele, namun kebiasaan mencuci tangan adalah awal dari hidup sehat...

Hidup Sehat Itu Dimulai dari Cuci Tangan
pixgood
Mencuci tangan 

Catatan Abdul Jalil Mursyid
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
@jhalil_aja

MENCUCI tangan dan menggosok gigi, sepertinya sepele. Namun, ternyata cukup susah dirutinkan setiap saat. Padahal hidup sehat dan bersih dimulai dari rajin mencuci tangan dan menggosok gigi. 

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) itulah yang disuluhkan mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kepada 127 siswa SDN Sumberoto 1, SDN Sumberoto 5, dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sumberoto, Donomulyo, Kabupaten Malang, awal Agustus 2015 silam.

Tentu, tujuan utama PHBS untuk membiasakan siswa menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar agar hidup sehat, ujar Lukman Baihaqi Amar, Koordinator Divisi Kesehatan KKN 84 UMM. 

Simulasi bagaimana melakukan gosok gigi dan mencuci tangan yang benar juga dilakukan. Uniknya dalam simulasi itu tim KKN 84 UMM mengemasnya lewat lagu Naik-naik ke Puncak Gunung dan soundtrack film Doraemon dengan mengubah liriknya menjadi tata cara sikat gigi dan mencuci tangan yang benar.

"Agar anak-anak mudah menghafal dan mengerjakannya di rumah," harap mahasiswa Fakultas Kedokteran UMM itu.

Saatnya para siswa SD ini praktik mencuci tangan dan menggosok gigi bersama-sama dengan bimbingan mahasiswa KKN 84 UMM.

“Kami sangat senang dan terima kasih kepada mahasiswa KKN 84 UMM yang sudah berbagi ilmu kepada siswa kami, semoga para siswa nantinya dapat mempraktikkan langsung di rumah,” harap Endarwati, Kepala SDN 1 Sumberoto.

Yuk mencuci tangan dengan benar...

 


 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved