Citizen Reporter

Serunya Upacara Perdana di Taman Kanak-kanak

tak ada barisan rapi, petugasnya pun masih gagap membaca, bendera merah putih pun diganti balon warna-warni...

Serunya Upacara Perdana di Taman Kanak-kanak
istimewa
garuda merah putih 

Catatan Dianika Wardhani
Pegiat Literasi/mukim di Kediri

APA yang ada di benak saat muncul istilah upacara bendera? Barisan rapi berbanjar beserta ketua regu, tiang bendera dengan petugas pengibar bendera, pembaca  naskah UUD 1945, pembawa teks Pancasila yang berdiri khidmat di belakang kepala sekolah atau guru yang menjadi pembina upacara. Itu  versi  upacara bendera 100 persen yang  dilakukan siswa SD atau SMP atau SMA.

Namun, situasi menjadi lucu dan menggemaskan ketika yang melakukan dan peserta upacara bendera adalah siswa PG/TK. Jangan bayangkan ada barisan berbanjar rapi dan  posisi tegap berdiri. Yang ada berdiri sekenanya sambil sesekali menguap atau mengusap rambutnya. Bukan karena mengantuk tetapi didera rasa bosan. Dan sesekali mereka menoleh ke deretan orangtua yang masih enggan melepas  anaknya sendirian di sekolah.

Maklum saja, hari itu, Selasa (28/7/2015) adalah hari pertama masa orientasi sekolah (MOS), PG/TK Islam Terpadu Empat Mei, Pare, Kediri. 

Para  petugasnya adalah siswa TK B yang masih terbata membaca.  Tak ada tiang bendera. Yang ada hanya serangkaian balon warna warni yang tergeletak di meja. Balon-balon itu akan dilepaskan menandai dimulainya tahun ajaran 2015/2016.

“Mulai hari ini, anak-anak akan belajar di sekolah ini bersama Ustadzah ya. Kita akan belajar bersama-sama di sekolah ini,” kata Kepala PG/TK IT Empat  Mei, Nanik Mardiyati, S.PD.I.

Kata Nanik, sebulan pertama di sekolah itu, anak-anak masih boleh ditunggu orangtuanya. “Akan tetapi bulan berikutnya, sudah harus ditinggal. Karena sikap anak itu berbeda ketika ditunggui dan ketika sendirian,” tambah Anik, usai sosalisasi program pembelajaran tahun 2015/2016.

Ya namanya juga anak-anak, tetapi disiplin tetap baik diajarkan sedari dini.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved