Citizen Reporter

Praktik Imtaq, 15 Menit Sebelum Belajar dan Pulang Sekolah

bukan sekadar teori, pelajar SMP Negeri 6 Malang ini mempraktikkan bagaimana mengukuhkan iman dan taqwa dalam keseharian...

Praktik Imtaq, 15 Menit Sebelum Belajar dan Pulang Sekolah
rtr
kekuatan doa 

Catatan Novia Anggraini
Mahasiswi  jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang

Di SMP Negeri 6 Malang, pendidikan iman dan taqwa (imtaq) bukan  sekadar wacana. Setiap hari lima belas menit sebelum jam pelajaran pertama dimulai, siswa-siswi SMPN 6 ini diajak membaca Al Quran bersama.

Yang menakjubkan, pembacaan Al Quran ini dipimpin langsung oleh waka kurikulum, dan bukan berupa rekaman sehingga siswa bisa belajar tajwid serta memfasihkan bacaannya. Setelah membaca Al Quran, dilanjutkan dengan berdoa, barulah bel jam pertama dibunyikan.

Demikian pula saat bel pulang sekolah berbunyi, seluruh siswa diajak berdoa bersama terlebih dahulu. Setelah pelajaran usai, siswa-siswi diwajibkan melaksanakan salat dhuhur di sekolah. Pada jam istirahat pun siswa diwajibkan melaksanakan salat dhuha.

Seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran di SMPN 6 Malang tak lepas dari pendidikan imtaq yang memang menjadi landasan bagi kurikulum 2013. Penting untuk membentuk watak dan karakter siswa sejak dini melalui kegiatan-kegiatan rutin yang dilaksanakan di sekolah.

Di samping itu, setiap satu minggu sekali siswa diwajibkan mencatat kotbah Jumat dan bagi yang siswi mencatat tausiyah yang didengar di televisi atau radio. Kegiatan-kegiatan semacam ini kelak akan membentuk pola kepribadian yang taat beribadah dan menjunjung tinggi nilai agama serta moral siswa.

Alangkah baiknya jika semua sekolah baik negeri maupun swasta mampu membiasakan siswanya menjunjung tinggi nilai imtaq sehingga mereka unggul dalam imtaq juga iptek dan bukan sekadar wacana bagi pendidikan di Indonesia.

Tags
imtaq
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved