Citizen Reporter

Yuk Peduli dan Berterima Kasih kepada Elderly

menjadi tua dan tidak berguna? ah, jangan demikian... bukankah mereka telah memberikan seluruh hidupnya untuk bangsa dan negeri ini? yuk peduli eldery

Yuk Peduli dan Berterima Kasih kepada Elderly
istimewa
ilustrasi eldery 


Catatan peduli Fransisca Stefani Chandra
Mahasiswa UK Petra Surabaya

TERKADANG sebagai generasi muda penerus bangsa, kita masih terkesan acuh tak acuh terhadap hal kecil namun sangat bernilai harganya. Elderly, salah satunya. Seberapa sering melihat elderly, orang yang sudah sepuh? Jarang!  Karena mereka hanya bisa berdiam di rumah tanpa melakukan apa-apa, hanya diam dan merenungi nasib. Ironis!

Belajar dari Hongkong, merupakan negara yang berperan besar dalam menjaga dan merawat elderly. Beragam kebijakan dan bantuan diberikan sebagai tanda penghargaan. Alhasil, elderly dapat melakukan aktivitas seluas-luasnya dan dapat menikmati indahnya dunia.

Hongkong memiliki lapangan yang luas bagi keberlangsungan hidup elderly. Terdapat beragam lembaga dan organisasi yang dinaungi Pemerintah Hongkong untuk peduli terhadap nasib elderly. Kepedulian tersebut antara lain berupa kesehatan, hiburan, pendidikan usia lanjut, tempat tinggal, dan sarana prasarana (fasilitas).

Bahkan, di Yunnan, China terdapat satu lembaga khusus yang menaungi elderly secara khusus, dengan memberikan tempat tinggal gratis, dilengkapi rumah sakit khusus, taman hijau, dan fasilitas beraktivitas. Para elderly yang sudah renta, tak memiliki keluarga, dan disabilitas dapat tinggal di lembaga tersebut serta menikmati masa tua mereka. Bahkan, para elderly ditemani perawat siaga selama 24 jam.  

Selain itu, terdapat beragam komunitas kecil yang berhasil menjadi lembaga, yakni mendirikan lembaga untuk peduli dan berempati terhadap elderly. Apa yang mereka lakukan? Mereka terdiri dari anak muda sebagai volunter untuk peduli akan nasib elderly. Elderly dapat melakukan aktivitas bermain, cek kesehatan, dan mengikuti workshop.

Inilah kegiatan anak muda generasi penerus bangsa di Hongkong. Nah, apa kegiatan anak muda di Indonesia?  

Sepintas berpikir mengenai nasib orang renta di Indonesia. Apa yang bisa mereka lakukan, duduk di kursi roda dan berdiam diri saja di rumah? Mari, bersama ciptakan pembaharuan, berpikir out of the box, peduli akan lingkungan, mulai bergerak dengan hal kecil dan sederhana dengan sesama.

Tags
eldery
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved