Citizen Reporter

Secuil Surga di Kampung Tropodo

pensiun tak berarti tamat bermanfaat bagi sesama... Zulkifli pun menyulap fasum depan rumahnya menjadi secuil surga meski hanya kelas kampung...

Secuil Surga di Kampung Tropodo
foto-foto/citizen/naftalia kusumwardhani
Taman kampung Tropodo 

Catatan ringan Naftalia Kusumawardhani
Psikolog di RS Mitra Keluarga, Waru, Sidoarjo

SORE yang cerah, empat bocah bermain di pinggir kolam ikan sekitar gazebo. Mereka mencoba berjalan sepanjang tembok pembatas kolam. Tidak jauh dari sana, sekelompok remaja putri asyik berbincang di pinggir taman. Mereka betah berlama-lama karena udara sejuk di taman yang asri, taman kampung Tropodo.


Meski kelas kampung, taman kampung Tropodo terawat begitu indah dan menarik siapa saja yang melintas di sana.

Berada di tengah-tengah kampung, taman ini dilengkapi gazebo, kolam ikan, dua pergola berwarna putih, kursi rotan yang nyaman untuk bersantai serta aneka tanaman hias.

Tak heran, sejak selesai dibangun taman ini tak pernah sepi pengunjung. Bukan hanya anak-anak, para ibu-ibu sengaja mengajak anaknya bermain di sana. Pada kesempatan lain, sepasang muda mudi berfoto bersama.


Foto pre-wedding pun pernah dilakukan di sini. Konon calon pengantin bukan warga sekitar. Bahkan, warga sekitar memanfaatkan pergola sebagai tempat jamuan makan saat beliau menikahkan putrinya. Sungguh pesta nan meriah, mewah, dan elegan di luar ruang.

Manfaat lain taman adalah kesegaran udara yang terjaga. Dengan banyaknya tanaman, kebutuhan oksigen akan  terpenuhi. Penghijauan pun terjadi. Sungguh, taman yang membawa banyak manfaat! 


Taman ini tak akan pernah hadir bila tak ada penggagasnya. Zulkifli, pensiunan yang juga warga Tropodo, bertekad menjadikan masa pensiunnya bermakna bagi orang lain. Fasum di depan rumahnya yang penuh tanaman liar dan gelap tanpa penerangan pun disulapnya menjadi taman indah.

Lahan seluas 20 x 25 m2 menjadi taman kampung Tropodo itu menelas dana sekitar Rp 100 juta dengan waktu pengerjaan tujuh bulan karena hanya dikerjakan satu orang tukang plus sang penggagas taman, Zulkifli.

Untunglah perangkat kampung memberi dukungan. Bersama-sama mereka mewujudkan taman kampung yang indah nan asri ini.

Berminat? Silakan bersantai sejenak di taman kampung Tropodo, perumahan Tropodo Indah RT 33/RW 04, Waru, Sidoarjo.

 


 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved