Berita Kota Kediri

Larung Kepala Sapi Meriahkan HUT Kota Kediri

Sebelumnya juga dilakukan rebutan gunungan hasil bumi yang diarak di bantaran Sungai Brantas di bawah Jembatan Brawijaya.

Larung Kepala Sapi Meriahkan HUT Kota Kediri
surya/didik mashudi
Warga membawa sesaji kepala sapi ke tengah Sungai Berantas, Senin (27/7/2015). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Hari Jadi Kota Kediri ke 1.136 diwarnai dengan upacara ritual Larung Sesaji kepala sapi. Pada upacara ini potongan kepala sapi dihanyutkan di Sungai Brantas, Senin (27/7/2015).

Kontan saja larung kepala sapi itu menjadi rebutan masyarakat yang telah lama menunggu di tengah sungai. Kepala sapi dilarung di kotak kayu sehingga posisinya tetap mengapung.

Tidak sampai setengah jam setelah dilepaskan, warga sudah berhasil meraih kotak kayu berisi kepala sapi. Selanjutnya kepala sapi dibawa ke tepi sungai oleh warga yang berhasil merebutnya.

Sebelumnya juga dilakukan rebutan gunungan hasil bumi yang diarak di bantaran Sungai Brantas di bawah Jembatan Brawijaya. Ratusan warga tampak ikut berebut mendapatkan polowijo dan buah-buahan yang menjadi isu gunungan.

Kegiatan larung sesaji kepala sapi dan rebutan gunungan ini merupakan bagian dari Festival Kali Brantas untuk menyemarakkan HUR Kota Kediri.

Sebelumnya di halaman Balai Kota juga digelar Upacara. Kemudian prosesi Manusuk Sima yang digelar Taman Tirtoyoso Kuwak.

Kepala Disburparpora Kota Kediri Drs Nur Muhyar menjelaskan, larung sesaji sebagai ungkapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah yang diberikan kepada masyarakat Kota Kediri.

HUT Kota Kediri dilakukan berdasarkan Prasasti Kwak tertanggal 27 Juli 879 M. Masyarakat tampak antusias menyaksikan kegiatan budaya. Apalagi kegiatan tahun ini juga dihadiri tokoh lintas agama.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help