Ramadan 2015

Beragam Ketrampilan Diajarkan di Pondok Pesantren Al Fattah Lamongan

Jika awalnya santri datang dari sekitar Desa Siman, sekarang asal santri dari berbagai kota di Indonesia.

Beragam Ketrampilan Diajarkan di Pondok Pesantren Al Fattah Lamongan
surya/hanif manshuri
Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fattah di Desa Siman, Lamongan 

SURYA.co.id | LAMONGAN - Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fattah di Desa Siman, Lamongan, selain menerapkan metode salaf juga mengembangkan sejumlah lembaga pendidikan.

Agar santri tidak canggung saat terjun ke masyarakat, ponpes pun membekalinya dengan ragam keterampilan.

Ponpes Al Fattah yang ada di Desa Siman, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan ini sama dengan kebanyakan ponpes di Jawa Timur.

Pondok ini masih mempertahankan metode salaf, meski sejumlah institusi pendidikan formal yang dikelolanya juga berkembang dengan baik.

Berdiri sejak 26 Agustus 1942, ponpes ini semula bernama Lembaga Pendidikan Islam Ihyauddin (LPII). Kiai Nawawi atau lebih dikenal dengan nama KH Abdul Fattah adalah pendirinya.

Kini, ponpes berkembang pesat di bawah pengasuhan anak-anak KH Abdul Fattah, yaitu KH Abdul Muhith Fattah dan KH Abdul Majid Fattah.

Mereka berhasil melanjutkan apa yang dirintis oleh orangtuanya. Selain itu, mereka juga bisa menjaga makna kata ‘Ihyauddin’ yang berarti terus menghidupkan agama seperti yang dikehendaki Kiai Abdul.

Ihyauddin juga tidak menempati bangunan bertingkat seperti kondisi pondok saat ini. Tempatnya masih terbuat dari bambu dengan atap alang-alang. Namun, nama pondok semakin kesohor dan jumlah santri bertambah terus.

Jika awalnya santri datang dari sekitar Desa Siman, sekarang asal santri dari berbagai kota di Indonesia.

“Alhamdulillah, ponpes ini bisa berkembang baik dengan mempertahankan metode salaf,” ungkap KH Abdul Majid Fattah, dewan pengasuh ponpes, yang didampingi Wakil Pengurus Yayasan Ponpes Al Fattah Dr Shofyan Tsauri.

Halaman
123
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help