Surya/

Ramadan 2015

Yuk, Pulang Kampung Gratis Bareng Pelindo III

Terkait program ini para calon pemudik juga dapat menghubungi via SMS center layanan mudik Pelindo III melalui nomor 08113455333.

Yuk, Pulang Kampung Gratis Bareng Pelindo III
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
SEMBAKO MURAH - Warga Kampung Lawas Jalan Maspati mengangkut paket sembako murah yang dibelinya di Sembako Murah BUMN Pelindo III (Persero) di Jl Maspati Gg VI, Surabaya, Minggu (5/7/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memberikan layanan khusus bagi pemudik. BUMN yang bergerak di Perhubungan Laut ini memberikan layanan mudik gratis dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang.

Begitu tiba di pelabuhan, setiap penumpang kapal Pelni sudah akan langsung diantar ke kampung masing-masing. Setiap hari aka ada 10 bus yang siap mengantarkan semua penumpang ke tempat tujuan masing-masing.

Program layanan mudik gratis ini diberi label, “Yuk Pulang Kampung! - Mudik Gratis Bareng Pelindo III”. Semua masyarakat berkesempatan menikmati layanan midik gratis ini. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka program mudik gratis “Mudik Bareng BUMN” yang digagas oleh Kementerian BUMN.

"Tapi harus mendaftar dulu dimana penumpang diberangkatkan. Seperti besok pagi (Jumat, 10/7) ada kapal pemudik yang berlabuh di Tanjung Perak. Mereka yang sudah daftar akan kita antar ke kampung dengan bus. Kami jemput dengan bus gratis," kata Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto, Kamis (9/7).

Pendaftaran program mudik bareng Pelindo III tersebut sebenarnya sudah dibuka sejak 3 Juli 2015 hingga kuota terpenuhi. Pendaftara di posko-posko pendaftaran di terminal penumpang kapal laut di Pelabuhan keberangkatan pemudik.

Di antaranya Pelabuhan Makasar, Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Sampit, dan Pelabuhan Kumai. Syarat utama adalah membawa tiket kapal Pelni dan bukti identitas diri.

Ada ribuan penumpang kapal Pelni yang berlabuh dari beberapa Pelabuhan. Mulai dari Pelabuhan Kumai, Sampit, dan Balikpapan di Kalimantan. Selain itu Pelabuhan Makassar di Sulawesi. Semua akan dijemput bus gratis.

"Sejumlah kota tujuan aka dilayani. Terutama pemudik yang hendak pulang ke Jawa. Kami ingin memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Kami antar dengan bus yang nyaman ber-AC sampai kampung," tambah Edi.

Pelindo III menyediakan bus gratis di dua kota keberangkatan, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak dan Tanjung Emas, Semarang. Bus gratis tersebut tersedia selama tujuh hari berturut-turut sejak H-1 hingga H-7. Layanan ini terus berjalan mulai 10 - 16 Juli.

"Kami satu minggu berturut-turut teris jemput penumpang. Tidak seperti mudik gratis hanya antar pemudik sekali antar. Tapi untuk balik mudiknya, tak ada layanan gratis," kata Edi.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help