Pendidikan di Surabaya

Wali Murid Protes Pemenuhan Pagu PPDB di Surabaya

Puluhan wali murid beserta siswa yang ingin mendaftar ke SMPN dan SMAN kawasan mendatangi Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya, Kamis (9/7/2015).

Wali Murid Protes Pemenuhan Pagu PPDB di Surabaya
sany ep
Suasana Media Center Dinas Pendidikan Surabaya yang dikunjungi masyarakat pencari informasi tentang PPDB maupun melakukan pendaftaran sekolah kawasan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Puluhan wali murid beserta siswa yang ingin mendaftar ke SMPN dan SMAN kawasan mendatangi Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya, Kamis (9/7/2015).

Kedatangan mereka ini karena ingin meminta kejelasan terkait keterangan tentang pemenuhan pagu sekolah kawasan.

Mereka pun memprotes proses pemenuhan pagu ini tidak sesuai keterangan di website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2015.

Keterangan yang mereka protes ialah mekanisme pengisian pemenuhan pagu calon peserta didik jalur kawasan ditentukan berdasarkan peringkat.

Namun pada kenyataannya, pemenuhan pagu ditentukan atas peringkat pilihan sekolahnya. Akibatnya, banyak siswa yang nilainya tinggi dikalahkan oleh siswa dengan nilai rendah.

Salah satunya ialah orangtua dari Rian Nugraha Yahya. Siswa alumni SDN Penjaringan Sari 2 ini memiliki total skor dari Unas (ujian nasional) dan hasil TPA (tes potensi akademik) yakni 194.45. Sementara itu dengan nilai hasil ujian sekolah (US) sebesar 274,5.

Akan tetapi dengan skor yang cukup tinggi itu, Rian tidak masuk dalam pemenuhan pagu di SMPN 19 Surabaya. Justru siswa yang diterima dalam pemenuhan pagu di SMPN 19 Surabaya dibawah nilai Rian.

“Iya kalau perbedaan nilainya sedikit. Ini yang diterima nilainya di bawah 193.01,” jelas orang tua Rian, Agus Subakti ketika menunggu hasil dari keputusan dinas di ruang Dewan Pendidikan Surabaya.

Rian memang menjadikan SMPN 19 Surabaya sebagai pilihan kedua. Sedangkan pilihan pertama ia memilih SMPN 35 Surabaya.

Menurutnya, jika memang pemenuhan pagu sekolah kawasan diutamakan pada peringkingan pilihan, seharusnya Dndik mencantungkan syarat tersebut dalam ketentuan di website.

Halaman
12
Tags
PPDB
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help