Ramadan 2015

Politisi PAN Anggap Sidang Isbat Terbuka Tak Edukatif bagi Masyarakat

Sidang itsbat sudah baik. Sesuatu yang sudah baik mestinya dipertahankan. Biarlah sidang itsbat tersebut menjadi konsumsi para ulama.

Politisi PAN Anggap Sidang Isbat Terbuka Tak Edukatif bagi Masyarakat
antara
Tim rukyatul hilal Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, meneropong posisi bulan (hilal) saat rukyatul hilal, guna menentukan 1 Ramadhan 1435 H, di Pantai Ambat, Tlanakan, Pamekasan, Jatim, Jumat (27/6/2014). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Saleh Partaonan Daulay, Ketua Komisi VIII DPR RI dari PAN, menilai, sidang isbat yang terbuka, justru tidak edukatif bagi masyarakat.

Ia menilai, sidang isbat (penetapan atau penentuan awal maupun akhir Ramadan) mesti dipertahankan tertutup.

"Pasalnya, sidang isbat tertutup terbukti lebih kondusif dalam menjaga ukhuwah. Terbukti, dalam sidang isbat tertutup yang lalu tidak terdengar adanya perdebatan dan kontroversi," kata Saleh, Kamis (9/7/2015).

Ia pun menjelaskan sidang isbat terbuka selama ini selalu menyisakan debat kusir yang tidak berujung.

"Sidang isbat sudah baik. Sesuatu yang sudah baik mestinya dipertahankan. Biarlah sidang isbat tersebut menjadi konsumsi para ulama yang mengikuti sidang tersebut," tambahnya.

Menurut Saleh sidang isbat tertutup akan mempertontonkan klaim kebenaran masing-masing pihak. Mereka yang metode rukyah, tentu akan mempertahankan argumennya. Begitu juga mereka yang pro metode hisab, merasa argumennya paling betul.

Saleh melanjutkan, selama kedua metode itu memiliki dalil aqli dan naqli yang kuat, kedua-duanya mesti dipersepsi setara.

Tidak boleh ada pendapat yang mengatakan bahwa yang satu lebih benar dan lebih baik dari yang lain. Dalam teori ilmiah, suatu teori hanya bisa digugurkan jika ditemukan teori baru yang terbukti lebih benar dan lebih fungsional. Itu yang disebut sebagai metode falsifikasi dalam filsafat ilmu.

"Selama ini, keduanya kan dinilai sama-sama baik dan benar. Kalaupun ada yang menilai salah satu lebih baik, itu hanyalah klaim kebenaran. Klaim kebenaran tidak selamanya dapat dianggap lebih baik dan lebih benar," paparnya.

Dalam konteks itu, kementerian agama yang telah melakukan sidang isbat tertutup perlu diapresiasi. Itu artinya, kementerian agama telah berhasil menjaga kerukunan internal umat beragama.

"Itupulalah tugas dan fungsi kementerian agama dalam kehidupan sosial kemasyarakatan," tutup Saleh. (Benni Indo)

Penulis: Benni Indo
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved